Kompas TV regional berita daerah

Seorang Warga di Klaten Ubah Limbah Pipa Plastik Jadi Miniatur Motor dan Mobil

Senin, 20 September 2021 | 17:31 WIB

KOMPAS.TV - Seorang warga Klaten, Jawa Tengah mampu mengubah limbah pipa plastik menjadi miniatur sepeda motor dan mobil.

Baca Juga: Pameran Karya Seni Terakhir Seniman Rudi Corens, Inisiator Pendiri Museum Anak Kolong Tangga

Ide dan kreativitas ini didapatnya setelah ia banyak menghabiskan waktu di rumah akibat pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat.

Memiliki detail seperti aslinya siapa sangka miniatur sepeda motor ini terbuat dari limbah pipa plastik.

Sang perajin ialah Bagus Budiyanto warga Dukuh Purwodadi, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Klaten, Jawa Tengah.

Untuk membuat miniatur sepeda motor ini dibutuhkan pipa plastik, aluminum, spons, lem, hingga korek api.

Pipa dipotong menggunakan gergaji dan dipanaskan agar pipih.

Setelah membentuk lembaran-lembaran pipa dibentuk menjadi kerangka-kerangka sesuai dengan miniatur yang diinginkan.

Bagus biasanya menyelesaikan satu minitur sepeda motor dalam tiga hari, karena ia juga memiliki kegiatan lain sebagai pekerja pabrik.

Ilmu membuat miniatur ini didapatkan sang perajin dari internet. Ia mulai menekuni kegiatan ini semenjak pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat yang membuatnya memiliki banyak waktu di rumah.

Namun pembatasan kegiatan tidak serta-merta membatasi kreativitasnya. Melihat banyaknya pipa plastik yang dibuang di lingkungannya, bagus berpikir bagamaimana caranya mengolah limbah menjadi benda yang lebih bermanfaat.

Miniatur mobil dan sepeda motor ini dihargai Rp 150 ribu hingga 700 ribu tergantung tingkat kesulitan pembuatannya.

Hasil penjualan dari miniatur kendaraan ini kini dapat membantu memenuhi kebutuhan  sang perajin dan keluarganya.

Penulis : Natasha Ancely

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
22:12
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19