Kompas TV nasional peristiwa

Instalasi Tugu Sepatu Raksasa di Tiga Titik Jakarta Dicopot

Kompas.tv - 20 September 2021, 16:10 WIB
instalasi-tugu-sepatu-raksasa-di-tiga-titik-jakarta-dicopot
Instalasi sepatu Compass raksasa di kawasan Sudirman, Jakarta, yang merupakan bagian dari kegiatan pre-event Festival Kolaborasi Jakarta (Sumber: Compass)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Instalasi tugu sepatu yang sebelumnya sempat dipasang di tiga titik di wilayah Jakarta sejak pekan lalu sudah dicopot. 

"Oh sudah ditake out karena sesuai Compass kan sudah bikin rilis ya pelaksanaannya sampe hari Minggu, 19 September 2021," kata Kabid Ekonomi Dinas Parekraf DKI Jakarta Helma Dahlia kepada wartawan, Senin (20/9/2021).

Helma mengatakan, penarikan tugu sepatu tersebut tidak ada hubungannya dengan vandalisme yang sebelumnya ramai diperbincangkan. 

"Ngga ada (hubungannya dengan vandalisme), memang jadwal sampe hari Minggu," kata Helmi. 

Baca Juga: Pemprov DKI Janji Fasilitasi Tempat untuk Grafiti dan Mural

Diketahui, pemasangan tugu sepatu tersebut merupakan kolaborasi Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta dengan Jakarta Experience Board (JXB) bertajuk Xpresikan Warnamu. 

Sebelumnya ramai diperbincangkan mengenai aksi vandalisme di instalasi tugu sepatu raksasa Compass di kawasan Sudirman. Instalasi tersebut dirusak dengan coretan grafiti berwarna ungu dan hitam. 

Pemasangan instalsi ini menandakan dimulainya rangkaian acara Festival Kolaborasi Jakarta 2021.

“Kegiatan ini sebagai bentuk dukungan Pemprov DKI dan pelaku ekonomi kreatif terhadap Tahun Internasional Ekonomi Kreatif 2021 yang dicanangkan oleh UNCTAD. Kita menyambutnya dengan turut menggelar instalasi dari para pelaku ekonomi kreatif," kata Gumilar dalam keterangan tertulis, Kamis (16/9) malam. 

"Tujuannya, untuk membangkitkan dan memberikan dukungan kepada pelaku ekonomi kreatif di Jakarta untuk tetap berkreasi di tengah tantangan pandemi,” ujarnya.

Baca Juga: Instalasi Sepatu Raksasa jadi Sasaran Vandalisme, Wagub DKI: Ke Depan Bisa Kita Fasilitasi

Harapannya, kegiatan ini dapat mewujudkan pemulihan ekonomi nasional sekaligus mendukung Jakarta sebagai Kota Kolaborasi melalui kampanye kreatif di ruang publik serta menyukseskan city branding +Jakarta Kota Kolaborasi.

"Dengan sinergitas yang efektif antara pemerintah bersama dengan seluruh stakeholder pariwisata dan ekonomi kreatif di Jakarta, diharapkan para pelaku ekonomi kreatif di Jakarta bisa bangkit dan pulih lebih cepat," katanya. 

Instalasi sepatu XPRESI dari Compass tersebut dipajang di 3 titik yakni di Stasiun BNI City Taman Dukuh Atas, Lapangan Banteng, dan Alun-Alun Velodrome. 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x