Kompas TV regional berita daerah

Budidaya Ikan Koi Saat Pandemi Sangat Menguntungkan

Kompas.tv - 20 September 2021, 15:20 WIB
Penulis : KompasTV Bandung

BANDUNG, KOMPAS.TV - Di sebuah rumah yang berada di kawasan Desa Pananjung, Soreang, Kabupaten Bandung. Seorang warga berhasil membudidayakan berbagai jenis ikan koi, mulai dari jenis susui, ochiba, karashi, tacho, kujaku, shiro, doitshu, hingga gosanke,  ada di lokasi budidaya yang diberi nama Fourt Koi Center ini. 

Pemilik budidaya ikan koi, Feny Fourtjahjanto, mulai membangun usahanya pada tahun 2015 lalu. Awalnya, Denny kesulitan mendapatkan pembeli atau pelanggan ikan khas jepang ini.

Namun disaat pandemi covid-19, penjualan ikan koi malah semakin meningkat bahkan saat ini ikan koi hasil budidaya Deny, bisa terjual sepuluh hingga lima belas ekor perharinya, padahal harga jual satu ekor ikan koi mencapai satu setengah juta hingga tiga juta rupiah.

Untuk menunjang kualitas, ikan koi yang dijualnya didatangkan langsung dari negeri sakura Jepang. Biasanya sebelum dijual kembali, Deny beserta beberapa orang karyawannya melakukan keeping dan maintenance ikan koi secara mendetail, selama enam bulan agar warna asli dari ikan koi tersebut bisa muncul lebih jelas dan indah dipandang, sehingga bisa meningkatkan kualitas dan harga jualnya. 

Saat ini, ikan koi hasil budidaya Deny sudah banyak dipesan dari luar Bandung seperti dari Bogor, Jakarta hingga Kalimantan. Omzet penjualan ikan koi perbulannya bisa mencapai ratusan juta rupiah.

Para pecinta ikan koi berharap pandemi segera berakhir, agar kontes ikan koi bisa kembali digelar sehingga peminat atau pencinta ikan koi ini terus bertambah dan berkembang.

 

Untuk lebih tahu berita terup date seputarJawa Barat, bisa klik link di bawah .

IG:https://www.instagram.com/kompastvjabar/

Youtube:https://www.youtube.com/c/kompastvjaw...

Twitter:https://www.twitter.com/kompastv_jabar/

Facebook:https://www.Facebook.com/kompastvjabar/

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.