Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Suroto Kaget Dapat Bantuan Khusus 20 Ton Jagung dari Jokowi

Senin, 20 September 2021 | 14:51 WIB
suroto-kaget-dapat-bantuan-khusus-20-ton-jagung-dari-jokowi
Suroto melihat jagung pemberian Presiden Jokowi di gudang pakan miliknya di Desa Suruhwadang, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar, Senin (20/9/2021) (Sumber: Kompas.com/ASIP HASANti

BLITAR, KOMPAS.TV- Presiden Joko Widodo mengirimkan 20 ton jagung kepada Suroto, peternak ayam asal Blitar yang sempat diundang ke Istana Negara. Bantuan jagung itu dikirim menggunakan 2 unit truk ke gudang pakan Suroto, di Desa Suruhwadang, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar, Senin (20/9/2021).

Tiga staf pribadi Jokowi juga datang menemui Suroto dan menjelaskan bahwa bantuan jagung itu berasal dari Jokowi pribadi. Bukan bagian dari 30.000 ton yang dijanjikan dalam pertemuan di Istana Negara.

"Enggak menyangka. Saya tahunya tadi malam ditelepon Mas Agung (staf pribadi Jokowi), katanya mau mengantar jagung dua truk untuk saya," kata Suroto seperti dikutip dari Kompas.com, Senin (20/9/2021).

"Saya bilang, Mas, saya itu sudah dapat kiriman jagung dari kementerian yang akan saya beli Rp 4.500 per kilogram," tambahnya.

Baca Juga: Digeruduk Emak-emak Tagih Bantuan Jokowi, Suroto: Kalau Tak Datang Antar Saya ke Istana, Saya Siap

Suroto mengaku hanya akan mengambil sebagian bantuan itu dan memberikan sisanya kepada peternak lainnya.

Yaitu peternak kecil yang stok jagungnya sudah hampir habis karena tidak sanggup membeli. Ia akan berkoordinasi dengan aparat desa setempat dalam pembagian bantuan khusus dari presiden itu.

"Tapi ini akan saya ambil secukupnya saja, mungkin 5-6 ton. Sisanya akan saya bagi ke peternak di sekitar saya, barang satu dua karung. Istilah orang Jawa bagi-bagi berkatlah," ujar Suroto.

"Ini wujud terima kasih saya atas apa yang diberikan Pak Presiden, maka jagung ini sebagian juga akan saya berikan gratis ke teman peternak. Tapi, hanya peternak kecil," ucapnya.

Suroto tidak tahu apakah bantuan khusus dari Jokowi ini terkait dengan sekumpulan ibu-ibu yang menagih janji ke rumahnya.

Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
08:11
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19