Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Suroto Kaget Dapat Bantuan Khusus 20 Ton Jagung dari Jokowi

Kompas.tv - 20 September 2021, 14:51 WIB
suroto-kaget-dapat-bantuan-khusus-20-ton-jagung-dari-jokowi
Suroto melihat jagung pemberian Presiden Jokowi di gudang pakan miliknya di Desa Suruhwadang, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar, Senin (20/9/2021) (Sumber: Kompas.com/ASIP HASANti
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

BLITAR, KOMPAS.TV- Presiden Joko Widodo mengirimkan 20 ton jagung kepada Suroto, peternak ayam asal Blitar yang sempat diundang ke Istana Negara. Bantuan jagung itu dikirim menggunakan 2 unit truk ke gudang pakan Suroto, di Desa Suruhwadang, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar, Senin (20/9/2021).

Tiga staf pribadi Jokowi juga datang menemui Suroto dan menjelaskan bahwa bantuan jagung itu berasal dari Jokowi pribadi. Bukan bagian dari 30.000 ton yang dijanjikan dalam pertemuan di Istana Negara.

"Enggak menyangka. Saya tahunya tadi malam ditelepon Mas Agung (staf pribadi Jokowi), katanya mau mengantar jagung dua truk untuk saya," kata Suroto seperti dikutip dari Kompas.com, Senin (20/9/2021).

"Saya bilang, Mas, saya itu sudah dapat kiriman jagung dari kementerian yang akan saya beli Rp 4.500 per kilogram," tambahnya.

Baca Juga: Digeruduk Emak-emak Tagih Bantuan Jokowi, Suroto: Kalau Tak Datang Antar Saya ke Istana, Saya Siap

Suroto mengaku hanya akan mengambil sebagian bantuan itu dan memberikan sisanya kepada peternak lainnya.

Yaitu peternak kecil yang stok jagungnya sudah hampir habis karena tidak sanggup membeli. Ia akan berkoordinasi dengan aparat desa setempat dalam pembagian bantuan khusus dari presiden itu.

"Tapi ini akan saya ambil secukupnya saja, mungkin 5-6 ton. Sisanya akan saya bagi ke peternak di sekitar saya, barang satu dua karung. Istilah orang Jawa bagi-bagi berkatlah," ujar Suroto.

"Ini wujud terima kasih saya atas apa yang diberikan Pak Presiden, maka jagung ini sebagian juga akan saya berikan gratis ke teman peternak. Tapi, hanya peternak kecil," ucapnya.

Suroto tidak tahu apakah bantuan khusus dari Jokowi ini terkait dengan sekumpulan ibu-ibu yang menagih janji ke rumahnya.

Baca Juga: Suroto, Peternak Ayam Blitar yang Diundang ke Istana: Jual Motor Sampai Tanah Demi Menyambung Hidup

"Enggak tahu. Yang jelas Presiden sudah mengutus staf pribadinya untuk memastikan jagung saya terima. Dan yang jelas jagung yang dijanjikan sebanyak 30.000 ton itu juga sudah dikirimkan bertahap oleh Kementerian Pertanian," kata Suroto.

Setelah bertemu dengan Suroto dan 2 peternak lainnya di Istana Negara beberapa hari lalu, Presiden Jokowi menjanjikan akan mengirim 30.000 ton jagung seharga Rp4.500/kg ke 3 sentra peternak ayam. Yaitu Blitar, Lampung, dan Pekalongan.

Harga itu lebih murah dibanding harga yang dibeli peternak biasanya, yaitu sebesar Rp6.000/kg.

Pada Senin (20/9/2021) pagi tadi, Kementerian Pertanian sudah mengirim 30 ton jagung, bagian dari janji Jokowi itu, ke gudang pakan milik Suroto.

Sekitar 1 jam kemudian, 2 truk yang membawa 20 ton jagung pemberian Jokowi pribadi juga tiba di gudang tersebut.



Sumber : Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.