Kompas TV regional berita daerah

1 Tahun Setengah Daring, Siswa SD Banyak Tak Bisa Baca

Kompas.tv - 20 September 2021, 14:16 WIB
Penulis : KompasTV Sukabumi

CIANJUR, KOMPAS.TV -  Kondisi adanya siswa yang ditemukan tidak bisa membaca ini, berawal saat Bupati Cianjur, Herman Suherman, melakukan sidak penerapan protokol kesehatan covid 19 dalam pelaksanaan pembelajaran tatap muka, ke sejumlah sekolah. Namun saat melakukan sidak ke salah satu sekolah, SDN Ibu Dewi Satu. Ada beberapa siswa yang tidak bisa membaca. Dan ditemukan saat Bupati mencoba satu persatu menyuruh sejumlah murid untuk membaca buku, namun ternyata ada beberapa murid yang tidak bisa membaca, padahal mereka ini murid kelas empat, dan sekolahnya pun berada dilingkungan perkotaan.  

Sementara itu, Bupati Cianjur mengaku merasa kaget saat mencoba menyuruh beberapa murid untuk membaca, ternyata sekolah SD di Kota masih ada siswa yang lupa membaca. Meskipun demikian, Bupati juga memaklumi dengan adanya pelajar yang lupa membaca, mengingat mereka belajar dirumah selama satu tahun setengah secara daring, selain itu, murid yang ditemukan lupa membaca ini, terbentur dengan faktor ekonomi keadaan orang tuanya.

Herman, langsung memerintahkan dan meminta kepada para guru yang siswanya tidak bisa membaca, untuk memberikan pelajaran tambahan terhadap murid yang tidak bisa membaca, dan dilakukan seusai pulang sekolah secara door to door. Herman, menambahkan, banyaknya pelajar yang lupa membaca ini, merupakan salah satu indikasi menurunnya kualitas pendidikan di Wilayah Cianjur, tetapi kondisi ini terjadi bukan hanya di Cianjur saja, namun juga hampir diseluruh daerah di indonesia dengan indikator yang sama.,



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x