Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Rocky Gerung Sebut Presiden Sedang Diuji Sengketa Tanah, Butuh Political Will Pemerintah

Kompas.tv - 20 September 2021, 11:37 WIB
rocky-gerung-sebut-presiden-sedang-diuji-sengketa-tanah-butuh-political-will-pemerintah
Anggota DPR Fraksi Gerindra Fadli Zon berkunjung ke rumah akademisi Rocky Gerung di Bojong Koneng, Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Sabtu (18/9/2021) (Sumber: instagram @fadlizon)
Penulis : Dina Karina | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Akademisi Rocky Gerung meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) membantu rakyat yang terlibat sengketa tanah dengan perusahaan besar atau korporasi. Hal itu ia sampaikan dalam tayangan di kanal YouTube Fadli Zon, Sabtu (18/9/2021).

Saat itu, Fadli yang merupakan anggota DPR Dapil Bogor sedang mengunjungi rumah Rocky.

Tanah di atas berdirinya rumah Rocky itulah yang menjadi objek sengketa dengan Sentul City, di Bojong Koneng, Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Dalam video itu, Rocky menjelaskan masalah sengketa tanah membutuhkan political will dari pemerintah. Pasalnya, 90 persen kasus yang dilaporkan kepada Komnas HAM merupakan sengketa tanah.

"Jadi, poin saya selalu mumpung Presiden masih punya sisa 3 tahun, dia lakukan hal yang betul-betul keinginan rakyatnya. Bukan keinginan oligarki, itu dasarnya," kata Rocky dikutip Senin (20/9/2021).

Baca Juga: Belajar dari Kasus Sentul City vs Rocky Gerung, Ini Tips Hindari Sengketa Tanah

"Dia (Presiden) diuji sebetulnya. Mau meninggalkan legacy (warisan) bahwa dia dipilih oleh rakyat atau dia akan dikenang sebagai boneka oligarki atau sekadar petugas partai," tambahnya.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Konsorsium Pembaruan Agraria (KPA) Dewi Kartika menilai, kunci penyelesaian sengketa tanah Rocky dengan Sentul City ada di Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN).

Lantaran, semua penerbitan, penghapusan, perpanjangan, dan pembaruan hak atas tanah tercatat lengkap di kementerian tersebut.

Menurut Dewi, secara de facto lahan di kawasan tersebut sudah ditempatkan warga sejak lama. Ia pun mempertanyakan bagaimana bisa SHGB terbit di atas lahan yang belum jelas kepemilikannya.

"Bagaimana mungkin SHGB dapat terbit di atas tanah yang tidak clear dan clean," ujar Dewi seperti dikutip dari Kompas.com.



Sumber :

BERITA LAINNYA



Close Ads x