Kompas TV regional berita daerah

PPKM Turun Level, Donor Plasma Konvalesen Meningkat

Kompas.tv - 20 September 2021, 10:26 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Aktivitas donor darah di Unit Donor Darah (UDD) Kota Semarang mulai meningkat setelah level PPKM Kota Semarang menurun. Kini setelah PPKM Kota Semarang turun menjadi level dua, jumlah pendonor terus bertambah. Bahkan bertepatan dengan HUT PMI yang ke 76 tahun Jumat (17-9-2021), jumlah pendonor dalam sehari mencapai 400 hingga 500 pendonor.

Saat ini PMI Kota Semarang memiliki stok kantong darah mencapai 1000 kantong, sedangkan untuk donor plasma konvalesen memiliki cadangan 300 kantong. Peningkatan stok plasma konvalesen ini cukup mengembirakan mengingat saat peningkatan pasien Covid-19 banyak pasien yang mencari plasma konvalesen, namun stoknya sangat terbatas.

"Alhamdulillah kegiata donor darah di mobil unit ataupun instansi-instansi sudah mulai banyak. Kemudian yang ke gedung UDD PMI Kota Semarang juga sudah meningkat donornya, yang kemarin kita sampai kekurangan sekarang alhamdulillah sudah normal kembali," ujar dr. Anna Kartika, Kepala UDD Kota Semarang.

Sementara itu, Rubidi, salah satu pendonor mengaku, telah melakukan donor darah sebanyak 44 kali Baginya dengan mendonorkan darah selain untuk menjaga kesehatan tubuh juga bisa membantu sesama yang membutuhkan.

"Untuk kesehatan sendiri itu yang pertama. Terus yang kedua untuk membantu siapa yang membutuhkan. Intinya kita kalo donor itu terasa enak di badan," tutur Rubidi.

Untuk mengajak masyarakat agar tidak takut mendonorkan darahnya, PMI akan melakukan sosialisasi dengan memutar film pendek mengenai edukasi dan kampanye donor darah.

#donordarah #pmi #kotasemarang



Sumber : Kompas TV Jateng

BERITA LAINNYA



Close Ads x