Kompas TV internasional kompas dunia

Pesawat Militer Jatuh di Texas, Dua Pilot Terluka

Kompas.tv - 20 September 2021, 05:32 WIB
pesawat-militer-jatuh-di-texas-dua-pilot-terluka
Ilustrasi pesawat T-45C Goshawk. (Sumber: military.com)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Fadhilah

TEXAS, KOMPAS.TV - Sebuah pesawat latihan militer jatuh di dekat Fort Worth, Texas, Minggu (19/2021). Peristiwa ini membuat pilot luka-luka dan tiga rumah penduduk dilaporkan rusak.

Kedua pilot berhasil keluar dari pesawat sebelum jatuh di Lake Worth, yang terletak di sebelah barat Fort Worth, kata pihak berwenang seperti dikutip dari The Associated Press.

"Insiden ini bisa menjadi jauh lebih buruk, karena pesawat ini jatuh di daerah perumahan," kata Kepala Pemadam Kebakaran Lake Worth Ryan Arthur tentang kecelakaan itu.

Baca Juga: Pesawat Jatuh Tabrak Rumah Mewah di Monterey County AS, Picu Kebakaran Rumah dan Lahan

Kepolisian Fort Worth J.T. Manoushagian mengatakan, parasut salah satu pilot tersangkut di kabel listrik.

Salah satu pilot kemudian diterbangkan ke sebuah rumah sakit di Dallas dan berada dalam kondisi kritis. Sedangkan satu pilot lainnya dibawa ke rumah sakit di Fort Worth.

Kepala pelatihan udara angkatan laut di Corpus Christi mengatakan dalam sebuah posting Facebook bahwa pesawat yang jatuh adalah T-45C Goshawk Angkatan Laut yang ditugaskan ke Training Air Wing 2 di Naval Air Station Kingsville, sekitar 676 kilometer selatan Lake Worth.

Posting itu mengatakan bahwa pilot instruktur dalam kondisi stabil dan kondisi siswa penerbang angkatan laut tidak diketahui, namun dia masih hidup dan saat ini sedang dirawat.

Saat pesawat jatuh, mereka sedang melakukan penerbangan pelatihan rutin yang berasal dari Bandara Internasional Corpus Christi.

Tiga rumah rusak dan tiga penghuni rumah langsung dirawat di tempat kejadian dan kini sudah tidak perlu mendapatkan perawatan. Kecelakaan itu memutus aliran listrik di 44 rumah di daerah tersebut.

"Kami sangat beruntung bahwa pesawat itu jatuh di halaman belakang rumah dan bukan di tempat tinggal penduduk," kata pihak berwenangdari Departemen di Fort Worth.

Baca Juga: Pesawat Jatuh di Rusia Ditemukan, Seluruh Penumpang dan Awaknya Tewas

Dua petugas pemadam kebakaran Fort Worth yang tidak bertugas, menyaksikan langsung kecelakaan itu dan menjadi petugas pertama yang berada di tempat kejadian. Mereka langsung merawat pilot yang terluka.

Arthur mengatakan bahwa orang-orang yang tinggal di rumah yang rusak harus mengungsi sementara karena kecelakaan itu.

“Hati kami tertuju pada anggota militer ini dan keluarga mereka. Saya membayangkan bahwa bagi seorang pilot, ini adalah hari yang Anda takuti, yang Anda harap tidak pernah datang,” kata Manoushagian.



Sumber : Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x