Kompas TV tekno internet

Gangguan Indihome dan Telkomsel Trending, Ini Penjelasan Pihak Telkom

Kompas.tv - 19 September 2021, 22:25 WIB
gangguan-indihome-dan-telkomsel-trending-ini-penjelasan-pihak-telkom
Logo Telkom Indonesia (Sumber: telkom.co.id)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Keluhan terkait gangguan jaringan yang dialami Indihome dan Telkomsel ramai-ramai diserukan netizen melalui Twitter, Minggu (19/09/2021).

Banyaknya keluhan yang disampaikan netizen membuat topik terkait "Indihome" dan "Telkomsel" menjadi viral atau trending di Twitter.

Topik Indihome tercatat dibicarakan lebih dari 48 ribu kali dan Telkomsel lebih dari 20 ribu kali.

Sebagian besar netizen mengeluhkan koneksi internet yang tersambung tetapi tak bisa digunakan untuk membuka laman dan kecepatannya menjadi lambat.

Menanggapi keluhan massal tersebut SVP Corporate Communication & Investor Relation Telkom Ahmad Reza mengungkapkan gangguan terjadi akibat adanya problem sistem komunikasi kabel laut Jawa, Sumatera, dan Kalimantan ruas Batam Pontianak sekitar pukul 17.33 WIB.

“Mohon maaf atas kejadian ini. Saat ini kami sudah langsung melakukan rerouting trafik sebagai alternatif jalur komunikasi menuju Batam. Sehingga kualitas layanan dapat segera kembali normal sebelum tengah malam ini,” ujarnya dikutip dari Kompas.com, Minggu (19/9/2021).

Baca Juga: Telkom Bakal Gandeng Perusahaan Space X Milik Elon Musk untuk Pemanfaatan Satelit

Atas kejadian tersebut sejumlah layanan TelkomGroup dari fixed hingga mobile broadband kualitasnya menurun di beberapa wilayah di Indonesia.

Hingga kini timnya masih mengidentifikasi penyebab yang membuat adanya gangguan koneksi tersebut.

“Semoga gangguan dapat teratasi dan layanan TelkomGroup dapat kembali normal secepatnya,” lanjutnya.

Sementara Vice President Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin menyampaikan permohonan maafnya atas gangguan yang terjadi.

Gangguan tersebut menyebabkan layanan internet di sejumlah titik di wilayah Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara, Pulau Natuna, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua menjadi terganggu.

Pihaknya mengatakan tengah mencari penyebab gangguan dan memprioritaskan pemulihan akses dengan cepat.

Baca Juga: Kartu Simpati, Kartu AS, dan Loop Dilebur Jadi Telkomsel Prabayar

"Saat ini kami bersama TelkomGroup sedang berusaha untuk menemukan penyebab gangguan, dan memprioritaskan percepatan pemulihan akses layanan internet di seluruh wilayah yang terdampak," ujar Denny, dihubungi terpisah, Minggu (19/9/2021).

"Kami menyampaikan permohonan maaf atas hal ini, dan kami mengapresiasi kesetiaan pelanggan yang selalu mempercayakan solusi kebutuhan layanan telekomunikasi kepada Telkomsel," ujarnya.



Sumber : Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x