Kompas TV nasional viral

Semarang Jadi Kota Terpanas di Indonesia? Berikut Penjelasan BMKG

Kompas.tv - 19 September 2021, 22:25 WIB
semarang-jadi-kota-terpanas-di-indonesia-berikut-penjelasan-bmkg
Kota Semarang, Jawa Tengah. (Sumber: Tribun Jateng/Hermawan Handaka)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Edy A. Putra

SEMARANG, KOMPAS.TV - Panasnya Kota Semarang, Jawa Tengah, seperti yang dikeluhkan sejumlah pengguna media sosial Twitter di Indonesia, mendapat perhatian dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). BMKG pun memberikan penjelasan terkait hal tersebut.

Kepala Pusat Informasi Iklim BMKG Dodo Gunawan mengatakan, suhu panas yang dirasakan oleh warga Semarang disebabkan oleh gerak semu tahunan Matahari.

Dodo meyebutkan, saat ini garis edar Matahari sedang bergeser dari utara ke arah selatan dan akan tepat berada di atas khatulistiwa pada 21 September 2021 nanti.

"Jadi, semua kota di Jawa saat ini akan terasa panas. (Namun) fluktuasi tertinggi bisa bervariasi. Hari ini Semarang, besok mungkin kota lain," kata Dodo seperti dikutip dari Kompas.com, Minggu (19/9/2021).

Baca Juga: Viral, Suhu Kota Semarang Ekstrem ketika Kemarau, Pemkot Pasang Pendingin Udara di Jalanan

Dodo menambahkan, predikat kota terpanas akan selalu bervariasi, karena sebuah tempat tidak akan selalu bertemperatur udara tinggi.

"Betul, (predikat kota terpanas) bervariasi dan seluruh kota di Indonesia mencatatkan tren suhu yang cenderung terus meningkat," ujar Dodo.

Sementara itu, Kepala BMKG Ahmad Yani Semarang Sutikno mengatakan, tidak tepat jika Semarang disebut sebagai kota terpanas.

Menurut Sutikno, suhu maksimum di suatu kota tidak bisa dijadikan sebagai patokan rata-rata suhu hariannya.

"Pemahamannya, (yang tengah ramai dibicarakan) itu suhu maksimum. Bukan berarti suhu rata-rata harian (Kota Semarang)," terang Sutikno.

Baca Juga: Cuaca Berubah Ekstrem, Suhu Global Diperkirakan Bisa Naik 1,5 Derajat Celsius dari Normal

Melansir unggahan Instagram BMKG, Minggu, suhu maksimum di Semarang tercatat mencapai 35,8 derajat Celcius.

Adapun, suhu maksimum tertinggi hari ini terpantau di Manokwari, Papua Barat, yakni 36,8 derajat Celcius, berdasarkan pengamatan Stasiun Meteorologi Rendani.

Sebagai informasi, hari ini kata kunci 'Semarang' sempat menduduki posisi teratas dalam trending topic Twitter Indonesia.

Karena banyak orang mencuit soal Semarang sebagai salah satu kota terpanas di Indonesia.

Bahkan, ada yang membuat meme jika jarak antara Matahari dengan Semarang lebih dekat dibanding jarak Matahari ke Bumi.



Sumber : Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x