Kompas TV internasional kompas dunia

China dan Taiwan Kembali Memanas, Kali Ini Perkara Srikaya dan Jambu Air

Minggu, 19 September 2021 | 22:34 WIB
china-dan-taiwan-kembali-memanas-kali-ini-perkara-srikaya-dan-jambu-air
Buah srikaya merah. Bea Cukai China mengatakan telah berulang kali mendeteksi hama yang disebut Planococcus minor dalam buah srikaya dan jambu air dari Taiwan. (Sumber: Wikipedia/Eric Winny)

TAIPEI/BEIJING, KOMPAS.TV - Taiwan mengancam akan menyeret China ke Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) setelah Beijing mengatakan akan menangguhkan impor buah srikaya (sugar apple) dan jambu air (wax apple) dari Taiwan karena masalah hama, seperti dilansir Straits Times, Minggu, (19/9/2021)

Hubungan antara Taipei dan Beijing, yang mengklaim Taiwan sebagai wilayahnya sendiri, berada pada titik terendah dalam beberapa dekade. China meningkatkan tekanan politik dan militer untuk membuat pulau itu menerima kedaulatannya.

Bea Cukai China mengatakan telah berulang kali mendeteksi hama yang disebut Planococcus minor dalam srikaya dan jambu air dari Taiwan.

Otoritas China meminta kantor mereka di Guangdong dan semua kantor yang berafiliasi untuk langsung menghentikan bea cukai produk tersebut mulai Senin (20/9/2021).

Dewan Menteri Pertanian Taiwan Chen Chi-chung mengatakan China telah bertindak sepihak tanpa memberikan bukti ilmiah, dan mengkritik pengumuman itu karena datang selama Festival Pertengahan Musim Gugur tradisional, yang dirayakan oleh Taiwan dan China.

"Kami tidak dapat menerima ini," kata Chen sengit kepada wartawan di Taipei tentang keputusan tersebut, yang menurutnya baru diterima kantornya pada pukul 9 pagi pada Minggu (19/9/2021)

Baca Juga: 19 Pesawat Tempur China Masuki Zona Pertahanan Udara, Taiwan Merasa Terancam

Jambu air atau wax apple. Bea Cukai China mengatakan telah berulang kali mendeteksi hama yang disebut Planococcus minor dalam srikaya dan jambu air dari Taiwan. (Sumber: Wikipedia/SMasters)

Taiwan mengancam akan menyeret China ke WTO di bawah mekanisme penyelesaian perselisihan badan itu, jika Beijing tidak menanggapi permintaan Taipei untuk menyelesaikan masalah ini di bawah kerangka kerja bilateral sebelum 30 September.

Menteri Luar Negeri Taiwan Joseph Wu mencuit, menyusul ancaman militernya, China sekarang "mempersenjatai perdagangan" dan langkah itu seharusnya meragukan niat China pekan lalu untuk bergabung dengan Perjanjian Komprehensif dan Progresif untuk Kemitraan Trans-Pasifik (CPTPP), sebuah kelompok perdagangan bebas trans-Pasifik.

"China ingin bergabung dengan CPTPP berstandar tinggi? Apakah ini lelucon?" kata Wu.

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Edy A. Putra

Sumber : Kompas TV/Straits Times/Reuters


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
19:47
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19