Kompas TV internasional kompas dunia

Manny Pacquiao Maju Jadi Capres Filipina, Ancam Pejabat Korup di Pemerintahan Duterte

Minggu, 19 September 2021 | 22:01 WIB
manny-pacquiao-maju-jadi-capres-filipina-ancam-pejabat-korup-di-pemerintahan-duterte
Petinju Manny Pacquiao. (Sumber: AP Photo/John Locher)

MANILA, KOMPAS.TV - Mantan juara dunia tinju, Manny Pacquiao mengumumkan niatnya maju sebagai calon presiden (capres) Filipina jelang pemilihan pada 2022 mendatang.

Ia akan bersaing dengan faksi lain di partainya, PDP-Laban, yang mengusung mantan sekutunya sekaligus presiden Filipina saat ini, Rodrigo Duterte, sebagai cawapres.

Mantan petinju berjuluk "PacMan" itu menerima pinangan faksinya di PDP-Laban yang mencalonkannya pada Minggu (19/9/2021). Dalam pertemuan tersebut, Pacquiao juga diberikan kewenangan untuk memilih pendamping cawapres.

“Saya menerima nominasi Anda sebagai calon presiden untuk Republik Filipina. Sekarang waktunya mereka yang ditindas menang. Sekarang waktunya negara kita bangkit dari kemiskinan. Ini waktunya untuk pemerintahan bersih yang membuat tiap centavo [sen] mengalir ke rakyat Filipina,” kata Pacquiao dalam pidatonya sebagaimana dikutip Rappler.

Baca Juga: Profil Manny Pacquiao, Petinju Legendaris yang Jadi Skin Eksklusif di Mobile Legends

Faksi Pacquiao hendak menantang faksi Duterte untuk pencalonan presiden. Sebelumnya, faksi tandingan telah mencalonkan Duterte menemani Senator Bong Go sebagai capres. Oposisi mengkritik pencalonan Duterte sebagai upaya mempertahankan kekuasaan.  

Perselisihan antara faksi Pacquiao dan Duterte dalam PDP-Laban meningkat jelang pencalonan capres-cawapres. Keduanya akan saling jegal untuk menjadi wakil resmi PDP-Laban di pemilu mendatang.

Dalam pidatonya, Pacquiao juga mengancam pejabat-pejabat di pemerintahan Duterte yang dituduhnya korup. Isu korupsi merupakan salah satu yang dipertentangkan dua petinggi PDP-Laban tersebut.

“Bagi siapa pun yang bekerja di pemerintahan hanya untuk mengeksploitasi dan mencuri pendapatan negara, Anda akan segera masuk penjara,” kata Pacquiao.

Dua faksi PDP-Laban yang bersengketa mesti menunggu keputusan KPU Filipina tentang calon siapa yang akan diakui.

Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Hariyanto Kurniawan

Sumber : Rappler


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
22:56
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19