Kompas TV nasional kesehatan

Indonesia Dapat Apresiasi Atas Penanganan Covid-19

Kompas.tv - 19 September 2021, 21:35 WIB
Penulis : Luthfan

KOMPAS.TV - Johns Hopkins University memberikan apresiasi atas penanganan covid-19 di Indonesia.

Indonesia dianggap sebagai salah satu negara yang berhasil menurunkan kasus covid-19 hingga 58% dalam kurun waktu dua pekan.

Presiden Joko Widodo juga sebelumnya memastikan kondisi pengendalian angka penularan covid-19 di Indonesia sudah membaik.

Pemerintah pun mengklaim laju penularan atau positivity rate covid-19 di Indonesia mengalami penurunan hingga 4%. Angka ini berada di bawah standar WHO.

Pemerintah tengah menyiapkan sejumlah strategi untuk mengendalikan dan menangani covid-19 dari pandemi menjadi endemi.

Berdasarkan data tren kasus harian dari Kementerian Kesehatan, Indonesia mencatatkan penambahan kasus covid-19 terendahnya sejak Mei 2021, yakni 2.577 kasus pada 13 September 2021.

Angka ini jauh menurun dibandingkan saat puncak penularan covid-19 terjadi di Indonesia, yakni pada 15 Juli 2021 dengan penambahan 56.757 kasus per hari.

Namun, Epidemiolog menilai permasalahan tes dan pelacakan covid-19 masih jadi kendala validasi data laju penularan di Indonesia. Untuk testing idealnya dilakukan satu per seribu populasi.

Kerja keras berbagai pihak termasuk pemerintah dalam menurunkan laju penularan covid-19 di Indonesia memang perlu diapresiasi.

Namun, pandemi belum berakhir. Meski Indonesia memasuki fase penururan kasus covid-19 semua pihak harus menyikapinya dengan kewaspadaan terlebih varian baru virus corona terus bermunculan.



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.