Kompas TV klik360 sinau

Catat! Cara Mengurus Kartu Identitas Anak yang Hilang

Senin, 20 September 2021 | 09:00 WIB

KOMPAS.TV - Kartu Identitas Anak (KIA) adalah tanda pengenal untuk anak-anak di bawah usia 17 tahun.

Kartu identitas ini digagas pemerintah melalui Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Dirjen Dukcapil), dan diterbitkan mulai tahun 2016.

Kartu ini harus terus dibawa oleh orang tua atau si anak itu sendiri.

KIA berlaku dari lahir hingga waktunya anak berkewajiban membuat dan memiliki KTP, dan bisa didapatkan bersamaan dengan mengurus akta kelahiran.

KIA digunakan untuk berbagai keperluan birokrasi seperti mengurus pendaftaran sekolah, mendaftar BPJS Kesehatan, membuka rekening perbankan, pengurusan imigrasi, klaim asuransi dan masih banyak lagi.

Ketika KIA hilang, sebaiknya harus segera mengurusnya agar di kemudian hari tak menemukan masalah jika harus mengurus berbagai persyaratan administrasi.

Untuk mengurus KIA yang hilang, siapkan dokumen pengurusannya seperti:

- Fotokopi KK.

- Fotokopi KTP orang tua.

- Fotokopi akta kelahiran.

- Pas foto 3x4 (2 lembar).

- Kartu golongan darah.

- Surat kehilangan dari kepolisian.

Semua syarat dokumen pengurusan kia yang hilang dibawa ke kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil sesuai domisili.

Jangan lupa untuk menyerahkan surat kehilangan dari kepolisian ke petugas di front office.

Kemudian, petugas akan melakukan verifikasi surat kehilangan serta mengecek kelengkapan dokumen lainnya.

Jika syarat sudah memenuhi, petugas akan langsung memproses permintaan pencetakan kembali KIA.

Waktu penyelesaian penerbitan kembali kia baru memakan waktu kurang lebih 10 menit. Selain itu proses mengurus KIA yang hilang juga tidak dipungut biaya sama sekali.

Baca Juga: Sekarang Masyarakat Sudah Bisa Cetak KK, Akta Kelahiran dan Kematian Sendiri, Begini Caranya

(*)

Grafis: Arief Rahman

Penulis : Gempita Surya

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
17:29
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19