Kompas TV ayo sehat ayo sehat

13 Bahan Makanan yang Baik bagi Kesehatan Paru-Paru Anda

Kompas.tv - 19 September 2021, 11:26 WIB
13-bahan-makanan-yang-baik-bagi-kesehatan-paru-paru-anda
Ilustrasi empon-empon: jahe, kunyit, dan kencur. (Sumber: Kompas.com/Shutterstock/Maston Art)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Purwanto

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Bagi tubuh manusia, paru-paru adalah organ penting. Sepasang organ ini tentu harus dijaga kesehatannya dengan baik-baik. Namun, seiring bertambahnya usia, kesehatan paru-paru tertantang berbagai faktor.

Paru-paru dapat dikotori oleh asap rokok, asap kendaraan, atau makanan yang memicu inflamasi. Penyakit seperti asma pun dapat merugikan paru-paru.

Gaya hidup sehat yang ditambah makanan kaya nutrisi tertentu dapat bantu melindungi paru-paru Anda, bahkan hingga mengurangi kerusakan paru-paru dan gejala penyakit pernapasan. Sejumlah bahan makanan tertentu pun dilaporkan baik bagi fungsi paru-paru.

Berikut sejumlah bahan makanan, termasuk buah-buahan, yang baik bagi kesehatan paru-paru Anda sebagaimana disarikan Healthline.

Baca Juga: Benarkah Infeksi Paru-paru Bisa Dibersihkan dengan Rutin Minum Susu? Ini Penjelasannya

1. Bit

Buah bit adalah jenis umbi-umbian yang baik bagi paru-paru. Bit kaya nitrat yang bermanfaat bagi fungsi paru-paru. Nitrat bantu merelaksasi pembuluh darah, meredakan tekanan darah, serta membantu penyerapan oksigen.

2. Paprika

Paprika adalah salah satu sumber vitamin C terkaya, sebuah zat yang dapat menjadi antioksidan ampun untuk tubuh Anda. Asupan vitamin C penting bagi paru-paru terutama bagi orang yang paru-parunya rutin dikotori rokok.

3. Apel

Sejumlah studi menyebutkan bahwa makan apel secara rutin dapat bantu mendukung fungsi paru-paru. Mengonsumsi lima atau lebih apel tiap pekan diduga memiliki hubungan dengan fungsi paru-paru yang lebih baik dan mengurangi risiko terkena penyakit paru obstruktif kronis (PPOK), asma, serta kanker paru-paru. Hal ini diduga karena tingginya kadar antioksidan dalam buah apel.

4. Labu

Sejumlah studi menyebutkan bahwa labu kaya akan karotenoid serta zat antioksidan dan anti-inflamasi. Makanan kaya karotenoid disebut dapat bermanfaat bagi orang yang rutin merokok.

5. Kunyit

Kunyit memiliki kandungan antioksidan dan anti-inflamasi yang kuat. Kunyit juga mengandung kurkumin, senyawa yang disebut bermanfaat untuk menyokong fungsi paru-paru.

6. Tomat



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x