Kompas TV ayo sehat ayo sehat

13 Bahan Makanan yang Baik bagi Kesehatan Paru-Paru Anda

Kompas.tv - 19 September 2021, 11:26 WIB
13-bahan-makanan-yang-baik-bagi-kesehatan-paru-paru-anda
Ilustrasi empon-empon: jahe, kunyit, dan kencur. (Sumber: Kompas.com/Shutterstock/Maston Art)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Purwanto

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Bagi tubuh manusia, paru-paru adalah organ penting. Sepasang organ ini tentu harus dijaga kesehatannya dengan baik-baik. Namun, seiring bertambahnya usia, kesehatan paru-paru tertantang berbagai faktor.

Paru-paru dapat dikotori oleh asap rokok, asap kendaraan, atau makanan yang memicu inflamasi. Penyakit seperti asma pun dapat merugikan paru-paru.

Gaya hidup sehat yang ditambah makanan kaya nutrisi tertentu dapat bantu melindungi paru-paru Anda, bahkan hingga mengurangi kerusakan paru-paru dan gejala penyakit pernapasan. Sejumlah bahan makanan tertentu pun dilaporkan baik bagi fungsi paru-paru.

Berikut sejumlah bahan makanan, termasuk buah-buahan, yang baik bagi kesehatan paru-paru Anda sebagaimana disarikan Healthline.

Baca Juga: Benarkah Infeksi Paru-paru Bisa Dibersihkan dengan Rutin Minum Susu? Ini Penjelasannya

1. Bit

Buah bit adalah jenis umbi-umbian yang baik bagi paru-paru. Bit kaya nitrat yang bermanfaat bagi fungsi paru-paru. Nitrat bantu merelaksasi pembuluh darah, meredakan tekanan darah, serta membantu penyerapan oksigen.

2. Paprika

Paprika adalah salah satu sumber vitamin C terkaya, sebuah zat yang dapat menjadi antioksidan ampun untuk tubuh Anda. Asupan vitamin C penting bagi paru-paru terutama bagi orang yang paru-parunya rutin dikotori rokok.

3. Apel

Sejumlah studi menyebutkan bahwa makan apel secara rutin dapat bantu mendukung fungsi paru-paru. Mengonsumsi lima atau lebih apel tiap pekan diduga memiliki hubungan dengan fungsi paru-paru yang lebih baik dan mengurangi risiko terkena penyakit paru obstruktif kronis (PPOK), asma, serta kanker paru-paru. Hal ini diduga karena tingginya kadar antioksidan dalam buah apel.

4. Labu

Sejumlah studi menyebutkan bahwa labu kaya akan karotenoid serta zat antioksidan dan anti-inflamasi. Makanan kaya karotenoid disebut dapat bermanfaat bagi orang yang rutin merokok.

5. Kunyit

Kunyit memiliki kandungan antioksidan dan anti-inflamasi yang kuat. Kunyit juga mengandung kurkumin, senyawa yang disebut bermanfaat untuk menyokong fungsi paru-paru.

6. Tomat



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.