Kompas TV nasional agama

Erick Thohir: Kita Punya 31.385 Pesantren, Berpotensi Besar Dongkrak Ekonomi Nasional

Kompas.tv - 19 September 2021, 10:08 WIB
erick-thohir-kita-punya-31-385-pesantren-berpotensi-besar-dongkrak-ekonomi-nasional
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir saat mengunjungi sentra vaksinasi Covid-19 di Jakarta, Rabu (7/7/2021). (Sumber: Dok, Kementerian BUMN)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memuji pondok pesantren (ponpes) yang dianggap punya potensi besar untuk mendongkrak ekonomi nasional.

Apalagi Indonesia menempati posisi yang juga besar di ekonomi Syariah. Kekuatan keduanya akan sangat bagus.

“Pondok pesantren dan ekonomi Syariah mempunyai potensi yang sangat besar untuk mendongkrak kemajuan ekonomi nasional,” ujar Erick dalam acara Diplomat Succes Challenge, Sabtu (18/9/21) seperti dikutip Antara

Menurut mantan pemilik klub sepak bola Inter Milan itu, pada triwulan pertama tahun ini Indonesia tercatat memiliki 31.385 pondok pesantren dengan jumlah santri mencapai lebih dari 4,29 juta orang. Jumlah itu, menurutnya sangat besar dan bisa dikembangkan terus.

Baca Juga: Kenangan Menteri BUMN Erick Tohir pada sang Ibu: Beliau Mengajarkan Perjuangan Hidup

“Potensi ini juga jadi kekuatan ekonomi Syariah yang menempati peringkat empat dunia, dengan skor indikator ekonomi Islam global sebesar 91,2 dengan sektor-sektor unggulan meliputi makanan halal, keuangan, pariwisata, fashion muslim, kosmetik hingga media dan hiburan,” tambahnya.

Bagi Erick, potensi itu sangat besar dan masih bisa terus dikembangkan. Hal itu guna mendorong kemandirian ekonomi secara maksimal buat pesantren.

Apalagi, saat ini pesatren bukan lagi sekadar Lembaga Pendidikan berbasis Islam saja dan sudah mulai bergerak pada kegiatan kewirausahaan.

Pesantren kelak bisa jadi pusat ekonomi. Tidak hanya bagi santri, keluarga maupun warga di dalam pesantren. Melainkan bisa jadi usat ekonomi bagi lingkungan sekitarnya.

Baca Juga: Janda Bolong, Penyegar Mata Erick Tohir di Sela Kesibukan

 



Sumber : Kompas TV/Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.