Kompas TV nasional peristiwa

Anies Ajak Warga Jakarta Bantu Kurangi Emisi Karbon untuk Tingkatkan Kualitas Udara

Kompas.tv - 19 September 2021, 08:41 WIB
anies-ajak-warga-jakarta-bantu-kurangi-emisi-karbon-untuk-tingkatkan-kualitas-udara
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tiba di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (17/11/2020). (Sumber: ANTARA FOTO/HAFIDZ MUBARAK A)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengajak seluruh warga DKI Jakarta untuk bersama-sama mengurangi emisi karbon guna tingkatkan kualitas hidup yang lebih baik.

Ia mengatakan, perbaikan kualitas udara di Jakarta merupakan tanggung jawab semua pihak baik pemerintah juga masyarakat. 

"Mari kurangi jejak emisi karbon dari diri kita sendiri, ini adalah ikhtiar sama-sama, pemerintah bertanggung jawab dan saya mengajak seluruh warga Jakarta mari kita semua ambil tanggung jawab," kata Anies, dalam keterangannya, dikutip Minggu (19/9/2021).

Anies menegaskan, Pemprov DKI tidak akan berpangku tangan dalam mengatasi masalah emisi karbon. 

Bersama dengan kota-kota besar dunia lainnya, kata Anies, Jakarta akan berada di barisan depan melawan perubahan iklim.

Namun ia menegaskan, upaya ini tidak bisa dilakukan oleh pemerintah saja, kontribusi masyarakat juga penting. 

Baca Juga: Jokowi dan Anies Dinyatakan Bersalah Terkait Kasus Polusi Udara di Jakarta

Guna menekan emisi karbon, Anies mengajak warga Jakarta untuk lebih banyak menggunakan transportasi publik atau kendaraan bebas emisi seperti sepeda.

"Kepada warga Jakarta mari ikut ambil peran dengan lebih banyak pakai transportasi publik, gunakan kendaraan-kendaraan yang rendah emisi bahkan kalau bisa bebas emisi seperti sepeda. Kemudian hindari bakar sampah di tempat terbuka, pastikan kendaraan kita terawat dan telah diuji emisi," kata Anies.

Anies menekankan upaya mengurangi emisi karbon bukan hanya untuk mencapai kondisi lingkungan yang baik saat ini, tapi juga sebagai investasi di masa yang akan datang.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.