Kompas TV nasional update

Catat! Ini Prosedur Baru Kedatangan Penumpang Internasional di Bandara Soekarno-Hatta

Kompas.tv - 19 September 2021, 08:05 WIB
catat-ini-prosedur-baru-kedatangan-penumpang-internasional-di-bandara-soekarno-hatta
Suasana antrian penumpang di Bandara Soekarno-Hatta di masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) DKI Jakarta, Senin (14/9/2020) (Sumber: Dok Humas Angkasa Pura II)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pengelola Bandara Internasional Soekarno-Hatta, PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II resmi menerapkan prosedur baru kedatangan penumpang internasional di bandara terbesar dan tersibuk di Indonesia itu pada hari ini, Minggu (19/9/2021) pukul 00.00 WIB.

Prosedur tersebut mengacu pada Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor 74 Tahun 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Internasional dengan Transportasi Udara Pada Masa Pandemi Covid-19.

“SE Nomor 74 Tahun 2021 pada prinsipnya untuk mencegah terjadinya peningkatan penularan Covid-19,” ujar Plt Kepala Kantor Otoritas Bandara Wilayah I Soekarno-Hatta Y Gandoz dalam keterangan resminya, dikutip Minggu (19/9).

“Termasuk varian virus SARS-CoV-2 baru yang telah bermutasi menjadi varian Alpha, varian Beta, varian Delta, varian Gamma dan varian MU (B.1.621) serta potensi berkembangnya varian baru lainnya,” sambung Gandoz.

Baca Juga: KA Bandara Yogyakarta Resmi Beroperasi Hari Ini, Cek Rute dan Tarifnya

Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta, Agus Haryadi, menambahkan stakeholder di Bandara Soetta sudah berkoordinasi untuk penerapan prosedur baru. 

Stakeholder tersebut antara lain AP II, Otoritas Bandara Wilayah I, KKP, Kemenkes, Satgas Udara Penanganan Covid-19, maskapai, dan instansi terkait lainnya.

“Berdasarkan koordinasi yang telah dilakukan seluruh stakeholder, sejumlah checkpoint ditetapkan untuk menjalankan prosedur baru kedatangan penumpang internasional di Bandara Soekarno-Hatta mulai diberlakukan penuh pada 19 September 2021 mulai pukul 00.00 WIB,” ujar Agus Haryadi.

Sementara itu Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Soekarno-Hatta (KKP) Darmawali Handoko mengingatkan agar penumpang internasional menjalani protokol kesehatan.

“Penumpang internasional tujuan Bandara Soekarno-Hatta harus menjalani 3 kali tes PCR. Pertama di negara asal, kemudian yang kedua di Bandara Soekarno-Hatta, lalu ketiga di lokasi karantina,” ujar Darmawali Handoko.

Baca Juga: Hilang Kontak dari Kawasan Bandara Sugapa, Pesawat Rimbun Air Ditemukan Hancur

Berikut checkpoint kedatangan penumpang internasional selengkapnya:



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.