Kompas TV regional peristiwa

Presiden Tak Tepati Janji, Emak-emak Peternak Ayam Geruduk Rumah Suroto, Pembentang Poster ke Jokowi

Kompas.tv - 19 September 2021, 06:18 WIB
presiden-tak-tepati-janji-emak-emak-peternak-ayam-geruduk-rumah-suroto-pembentang-poster-ke-jokowi
Presiden Jokowi berbincang dengan Suroto, peternak ayam petelur di Blitar yang ditangkap saat membentangkan poster ke rombongan kendaraan presiden, Rabu (15/9/2021). (Sumber: YouTube Sekretariat Presiden)
Penulis : Gading Persada

 

BLITAR, KOMPAS.TV- Suroto, peternak ayam yang viral karena membentangkan spanduk protes kea rah Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan akhirnya diundang datang ke Istana, rupanya masih belum bisa sedikit hidup 'tenang'. Pasalnya, meski sudah berada di rumah, tak sedikit orang yang mencarinya.

Termasuk dari para ibu-ibu yang tiba-tiba mendatangi rumahnya, Sabtu (18/9/2021) pagi kemarin.
Suroto pun tak menyangka saat belasan perempuan itu tiba di rumahnya di Desa Suruhwadang, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar, Jawa Timur guna menanyakan hasil pertemuan Suroto dengan Presiden Jokowi saat dia diundang ke Istana Presiden. 

Rupanya, belasan emak-eman ini mempertanyakan, kenapa harga jagung justru mulai merangkak naik lagi setelah pertemuan tersebut. 

"Niki lho Pak Pak aku wis ora iso ambegan. Mosok tuku jagung saiki Rp6.200 (per kilogram). Janjine Pak Jokowi ki piye? (Ini lho Pak Pak saya sudah tidak bisa bernapas. Masak beli jagung Rp 6.200. Janjinya Pak Jokowi itu bagaimana?," ujar salah satu emak-emak dalam tayangan video pengurus Paguyuban Peternak Rakyat Nasional (PPRN) seperti dikutip dari Kompas.com, Minggu (19/9).

Baca Juga: Ucapkan Terima Kasih, Jokowi: Kalo Gak Ada Pak Suroto, Gak Ngerti Kita

Dalam rekaman video, terlihat beberapa ibu-ibu berkacak pinggang dan berbicara dengan nada tinggi dalam Bahasa Jawa kepada Suroto di teras rumahnya.

Di depan pintu ruang tamu rumahnya, Suroto terlihat berusaha menenangkan mereka yang berbicara bersahutan. 

"Kata Pak Presiden sudah jelas jagung yang dijanjikan akan datang dalam minggu-minggu ini. Dados sabar mawon (jadi sabar saja)," jawab Suroto. 

Beberapa perempuan itu menimpali jawaban Suroto, "Sabar sampai kapan," sahut salah satu emak-emak.

Yesi Yuni, salah satu dari kelompok perempuan peternak ayam menjelaskan maksud kedatangan mereka ke rumah Suroto. 

"Jadi ya intinya kami datang ke Pak Suroto yang sudah menjadi salah satu perwakilan peternak yang ikut rapat dengan Pak Jokowi untuk menanyakan kenapa harga jagung tidak kunjung turun," ujar Yesi.

Baca Juga: Presiden Jokowi Kabulkan Permohonan Suroto, Warga Blitar yang Ditangkap karena Bentangkan Poster



Sumber : Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.