Kompas TV internasional kompas dunia

Taliban Dirikan Kementerian Khutbah, Bimbingan, Penyebaran Kebajikan dan Pencegahan Maksiat

Kompas.tv - 19 September 2021, 04:59 WIB
taliban-dirikan-kementerian-khutbah-bimbingan-penyebaran-kebajikan-dan-pencegahan-maksiat
Seorang pria Afghanistan berjalan melewati bekas gedung Kementerian Perempuan di Kabul, Afghanistan, Sabtu, 18 September 2021. Taliban mendirikan kementerian Khotbah, Bimbingan, Penyebaran Kebajikan dan Pencegahan Maksiat di gedung bekas Kementerian Perempuan (Sumber: AP Photo/Bernat Armangue)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Gading Persada

KABUL, KOMPAS.TV — Para penguasa baru Taliban Afghanistan mendirikan sebuah kementerian untuk 'Kementerian Khotbah, Bimbingan, Penyebaran Kebajikan dan Pencegahan Maksiat' di gedung yang pernah menjadi tempat Kementerian Urusan Perempuan, memaksa staf Bank Dunia keluar dari kantor tersebut hari Sabtu, (18/9/2021) dalam upaya paksa seperti dilansir Associated Press.

Tindakan tersebut dilihat sebagai tanda meresahkan terbaru dimana Taliban membatasi hak-hak perempuan saat mereka memegang pemerintahan, hanya sebulan sejak mereka menguasai ibu kota Kabul.

Selama pemerintahan mereka sebelumnya di Afghanistan pada 1990-an, Taliban menolak hak anak perempuan dan hak atas pendidikan bagi perempuan serta melarang mereka dari kehidupan publik.

Di Kabul, sebuah papan baru dipasang di luar kementerian urusan perempuan, mengumumkan tempat itu sekarang adalah 'Kementerian Khotbah dan Bimbingan dan Penegakan Akhlak Baik dan Pencegahan Maksiat.'

Staf Program Pemberdayaan Ekonomi Perempuan dan Pembangunan Pedesaan, program Bank Dunia senilai 100 juta dollar AS, yang dijalankan oleh Kementerian Urusan Perempuan, dikawal keluar dari lapangan, kata staf program tersebut, Sharif Akhtar, yang termasuk di antara mereka yang dipaksa keluar kantor mereka.

Mabouba Suraj, yang mengepalai Jaringan Wanita Afghanistan, mengatakan dia terkejut dengan banyaknya perintah yang dikeluarkan oleh pemerintah yang dijalankan Taliban yang membatasi perempuan dan anak perempuan.

Pada hari Jumat, kementerian pendidikan yang dikelola Taliban meminta anak laki-laki dari kelas enam hingga 12 kembali ke sekolah, mulai hari Sabtu, bersama dengan guru laki-laki mereka.

Baca Juga: Taliban Tutup Kementerian Urusan Perempuan di Afghanistan

Perempuan Afghanistan berkumpul untuk menuntut hak-hak mereka di bawah pemerintahan Taliban dalam sebuah protes di Kabul, Afghanistan, Jumat, 3 September 2021. Pada Senin, 6 September 2021, mahasiswa kembali ke kampus dengan dilakukan pemisahan antara mahasiswa perempuan dan laki-laki. (Sumber: Associated Press)

Pengumuman tersebut tidak menyebut remaja perempuan juga diminta kembali ke sekolah. Sebelumnya, menteri pendidikan tinggi Taliban, mengatakan anak perempuan akan diberikan akses yang sama ke pendidikan, meskipun dalam pengaturan yang dipisahkan berdasarkan gender.

"Ini menjadi sangat, sangat merepotkan. Apakah ini tahap di mana para remaja akan dilupakan?" Suraj berkata, "Saya tahu mereka tidak percaya pada penjelasan, tapi penjelasan itu sangat penting."

Suraj berspekulasi kontradiksi antara pernyataan dan kenyataan mungkin mencerminkan perpecahan di dalam Taliban saat mereka berusaha untuk mengkonsolidasikan kekuatan mereka, dimana gerakan yang lebih pragmatis kalah dari garis keras di antara mereka, setidaknya untuk saat ini.



Sumber : Kompas TV/Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x