Kompas TV internasional kompas dunia

Rencana Australia Bangun Kapal Selam Nuklir Buka Peluang Perlombaan Senjata

Kompas.tv - 18 September 2021, 23:51 WIB
rencana-australia-bangun-kapal-selam-nuklir-buka-peluang-perlombaan-senjata
Anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Christina Aryani. (Sumber: Antara)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV – Langkah Australia melakukan pengembangan militer secara agresif, membuka jalan serta peluang bagi perlombaan senjata dan proyeksi kekuatan militer.

Pernyataan itu disampaikan oleh Anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Christina Aryani, melalui siaran persnya, Sabtu (18/9/2021).

Menurut Christina, Australia dan Indonesia memiliki Rencana Aksi Kemitraan Strategis Komprehensif (2020-2024).

Salah satu poin dalam rencana aksi tersebut adalah untuk bersama-sama tetap waspada menjaga perdamaian dan keamanan, antara lain di Kawasan Indo Pasifik.

Indonesia disebutnya perlu pro aktif menyikapi keputusan Australia, Amerika Serikat dan Inggris membentuk AUKUS, yang merupakan aliansi militer untuk membantu Australia memiliki kapal selam bertenaga nuklir.

Dia menjelaskan, kebijakan politik luar negeri Indonesia yang bebas aktif tidak pernah dimaknai bahwa Indonesia tidak dapat mengambil sikap yang jelas dan tegas atas berbagai dinamika dan perkembangan.

Baca Juga: Merasa Dikadali Australia dalam Kesepakatan Pembelian Kapal Selam, Prancis Tarik Duta Besarnya

Terlebih jika perkembangan dan dinamika tersebut berpotensi mengancam keamanan yang dampaknya dapat dirasakan baik langsung maupun tidak langsung oleh Indonesia.

"Dalam konteks ini, langkah Australia melakukan pengembangan militer secara agresif tentu membuka jalan serta peluang bagi perlombaan senjata dan proyeksi kekuatan militer yang bisa menjadi ancaman bagi stabilitas di kawasan," paparnya.

Christina juga mengaku prihatin terhadap keputusan Australia yang ingin memiliki kapal selam bertenaga nuklir tersebut.

Baca Juga: Kemlu RI Prihatin dengan Rencana Australia Bangun Kapal Selam Nuklir di Indo-Pasifik

"Menjadi keprihatinan kita hal ini akan membawa implikasi pada situasi kawasan yang sudah sepatutnya terus diupayakan stabil, aman dan damai," ujarnya, seperti dilansir Antara.

Sebelumnya diberitakan, Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI menyatakan keprihatinan atas rencana Australia membangun kapal selam bertenaga nuklir di Indo-Pasifik.

"Indonesia sangat prihatin atas terus berlanjutnya perlombaan senjata dan proyeksi kekuatan militer di kawasan," bunyi keterangan yang dilansir dari laman resmi Kemlu pada Sabtu (18/9/2021).

Kemlu melalui keterangan tertulis juga mengatakan, Indonesia mencermati dengan penuh kehati-hatian tentang keputusan Pemerintah Australia untuk memiliki kapal selam bertenaga nuklir itu.

Rencana pembangunan kapal selam bertenaga nuklir di kawasan itu bertujuan untuk mengimbangi pengaruh China di kawasan tersebut.



Sumber : Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x