Kompas TV video sinau

Benarkah Pohon Bisa Bicara?

Kompas.tv - 18 September 2021, 23:12 WIB
Penulis : Sunbhio Pratama

KOMPAS.TV-Pohon bisa berbicara, dan  memiliki cara berkomunikasinya sendiri. Layaknya manusia, pohon mampu berbicara, mengirimkan sinyal bahaya, kepada pohon lainnya, serta mengirimkan apa yang jadi kebutuhannya.

Melansir Kompas.com seorang ahli ekologi Suzanne Simard. Menemukan sebuah  fakta bahwa pohon bisa berbicara. Dalam penelitian tesis doktoral miliknya, Suzanne menjelaskan jika pohon mampu mengkomunikasikan apa yang menjadi kebutuhannya dengan pohon lain.

Sebagai mahluk hidup, pohon juga dapat merasakan ancaman.  Contohnya adalah ketika ada ancaman datang dari serangga dan kekeringan.

Ketika meneliti, Suzanne mengamati pohon saling mengirimkan sinyal tanda bahaya, untuk melindungi pohon lainnya dari bahaya. Contoh kasusnya adalah  ketika Suzanne melihat pohon dilukai oleh  serangga.

Pohon ini mengirimkan sinyal tanda bahaya ke pohon lainnya yang tumbuh di dekatnya. Dengan cepat, pohon  itu langsung menghasilkan enzim untuk melindungi dirinya dari serangga.

Meski tidak punya mulut untuk berbicara, nyatanya pohon bisa berkomunikasi dengan pohon lainnya. Hal ini memang membuktikan jika, semua mahluk hidup bisa berbicara dan berkomunikasi dengan caranya masing-masing. 

Baca Juga: Fakta Unik Binturong, Satwa Langka yang Mirip Kucing dan Beruang

https://www.kompas.tv/article/193357/fakta-unik-binturong-satwa-langka-yang-mirip-kucing-dan-beruang 

Grafis: Joshua Victor 



Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x