Kompas TV internasional kompas dunia

Raksasa Rokok Philip Morris Beli Perusahaan Inhaler Asma, Ada Apa?

Sabtu, 18 September 2021 | 19:25 WIB
raksasa-rokok-philip-morris-beli-perusahaan-inhaler-asma-ada-apa
Marlboro, merek rokok ternama milik Philip Morris. (Sumber: Kompas.com/Dian Maharani)

LONDON, KOMPAS.TV - Philip Morris International (PMI) yang terkenal dengan merek rokok Marlboro telah mengakuisisi perusahaan inhaler asma dari Inggris bernama Vectura. Langkah ini membuat khawatir para pakar kesehatan.

Melansir NPR, Philip Morris mengatakan telah menguasai 75% saham Vectura, yang memiliki kapitalisasi pasar sebesar 1,36 miliar dolar AS saat ini, sehingga memuluskan pembelian perusahaan inhaler itu.

Organisasi kesehatan Asosiasi Paru-Paru Amerika, badan amal Asthma UK dan kelompok kesehatan lainnya bersuara keras menentang akuisisi ini.

Baca Juga: Memerangi Peredaran Rokok Ilegal dengan Sosialisasi UU Tentang Cukai

Dalam pernyataan bersama, Asosiasi Paru-Paru Amerika dan Masyarakat Thoraks Amerika menyebut akuisisi itu sebagai langkah buruk dari perusahaan rokok yang berbahaya.

“Kami sangat prihatin bahwa PMI akan menggunakan teknologi layanan inhalasi yang dikembangkan oleh Vectura untuk membuat produk tembakau mereka lebih adiktif,” tulis kedua organisasi itu.

Mereka juga khawatir Philip Morris mengeruk untung lebih jauh dari orang-orang yang menderita penyakit akibat rokok.

Sementara, Philip Morris sendiri menyatakan pembelian itu adalah bagian dari rencana untuk menambah ragam produk mereka di luar tembakau dan nikotin agar lebih fokus pada “terapi inhalasi”.

Sebelumnya, Philip Morris juga berkali-kali mengumumkan target “Melampaui Nikotin” dengan rencana meraup setidaknya 1 miliar dolar AS dari sumber selain tembakau pada 2025.

Philip Morris juga menyebut Vectura nantinya akan berjalan sebagai unit otonom. Meski begitu, CEO PMI Jacek Olczak mengatakan, perusahaannya berencana bekerja sama dengan para ilmuwan Vectura.

Penulis : Ahmad Zuhad | Editor : Vyara Lestari

Sumber : NPR


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
08:30
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19