Kompas TV video sinau

Apa itu Banjir Rob? dan Beberapa Penyebabnya

Kompas.tv - 18 September 2021, 19:09 WIB
Penulis : Sunbhio Pratama

KOMPAS.TV- Saat musim hujan datang melanda. Pada berbagai daerah rawan mengalami banjir. Banjir disebabkan air sungai yang meluap, atau hujan deras yang turun dalam waktu yang lama. Berbeda dengan banjir yang disebabkan oleh curah hujan yang tinggi. Banjir rob erat hubungannya dengan permukaan air laut.

Banjir rob adalah peristiwa naiknya permukaan laut atau air laut ke daratan yang disebabkan oleh air laut pasang. maka , air laut  yang naik ke permukaan, kemudian menyebabkan daerah di sekitarnya jadi tergenang dan banjir.

Banjir rob yang terjadi di suatu daerah akan semakin tinggi saat permukaan tanah di suatu area itu turun. Melansir dari berbagai sumber, penyebab turunnya permukaan di suatu wilayah adalah. Air tanah yang terlalu banyak diambil, atau banyaknya pembangunan yang dilakukan di wilayah itu.

Terdapat beberapa faktor yang dapat menyebabkan terjadinya banjir rob. Pertama adalah badai, seperti angin topan atau badai tropis. Kemudian  gelombang tinggi, faktor meteorologis yang memicu terjadi rob di sejumlah wilayah. 

Baca Juga: 6 Tips Merawat Sepeda Motor agar Performa Tetap Bagus di Musim Hujan

https://www.kompas.tv/article/211556/6-tips-merawat-sepeda-motor-agar-performa-tetap-bagus-di-musim-hujan 

Grafis: Joshua Victor

 



Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.