Kompas TV olahraga kompas sport

Juergen Klopp Ungkap Alasan Lamanya Adaptasi Thiago di Liverpool

Kompas.tv - 18 September 2021, 19:14 WIB
juergen-klopp-ungkap-alasan-lamanya-adaptasi-thiago-di-liverpool
Thiago Alcantara berduel dengan Sandro Tonali dalam laga Liverpool vs AC Milan, Rabu (15/9/2021). (Sumber: Rui Vieira/Associated Press)

LIVERPOOL, KOMPAS.TV - Thiago Alcantara genap 12 bulan berada di Liverpool saat The Reds menjamu Crystal Palace, Sabtu (18/9/2021) malam waktu Indonesia. Meskipun demikian, gelandang asal Spanyol ini belum mendapatkan menit bermain yang signifikan.

Sejak pindah dari Bayern Muenchen dengan mahar sekitar 20 juta paun, Thiago baru bermain selama 27 pertandingan (21 kali sebagai starter) di semua kompetisi.

Melansir data StatsBomb (via FBRef), total menit bermainnya adalah 1.970 menit selama 12 bulan terakhir.

Sebagai gelandang dengan profil mentereng, Thiago diharapkan lebih berkontribusi. Pelatih Liverpool, Juergen Klopp sendiri berjanji bahwa gelandang berusia 30 tahun itu akan lebih banyak berkontribusi ke depannya.

Baca Juga: Ditanya Perpanjangan Kontrak Salah di Liverpool, Klopp: Saya Tidak Terlibat

Dalam konferensi pers jelang laga Liverpool vs Crystal Palace, Klopp menggarisbawahi beberapa hal yang membuat adaptasi Thiago berjalan lama. Faktor yang berpengaruh adalah cedera, Covid-19, serta penyesuaian sang pemain dengan taktik Liverpool.

“Awalnya tidak sempurna karena dia (Thiago) terkena Covid dan langsung cedera. Itu membuat semuanya agak lebih sulit. Dia telah menunjukkan pemain seperti apa yang dia bisa untuk kami, jadi masih banyak yang akan datang,” kata Klopp sebagaimana dilansir laman resmi Liverpool.

Thiago sendiri menderita cedera lutut saat melakoni Derbi Merseyside lawan Everton pada Oktober 2020 silam. Cedera itu memaksanya absen selama dua bulan.

Pada awal musim ini, Thiago pun mengawali musim dengan cedera ringan yang dideritanya saat berlaga di Piala Eropa.

Selain itu, Klopp menyebut Thiago mesti beradaptasi dengan taktiknya di Liverpool. Pasalnya, pelatih asal Jerman ini menyebut posisi gelandang tengah di timnya mendapat tanggung jawab yang cukup rumit.

“Hal-hal teknis bisa diatasinya dengan mudah, tetapi dia harus beradaptasi dengan cara kami bertahan. Seringnya kami menggunakan seorang pemain yang agak lebih ofensif sebagai salah satu gelandang bertahan dibanding Bayern Muenchen,” kata eks pelatih Borussia Dortmund itu.

“Anda harus lebih ofensif dan defensif pada saat bersamaan sebagai salah satu nomor enam (gelandang bertahan) kami. Anda harus bermain di antara dua lini. Anda dapat turun ke lini pertahanan untuk menjemput bola, tetapi tidak selalu."

"Kami ingin dia memainkan sepak bola naturalnya dan hanya ada beberapa hal yang harus dia sesuaikan dengan cara bermain kami,” tandas Klopp.

Thiago sendiri tampil apik ketika diberi kepercayaan tampil 90 menit pada awal musim ini. Dalam laga kontra Leeds United, Minggu (12/9) lalu, eks Barcelona ini sukses mengemas satu asis.

Baca Juga: Kalah Tipis dari Liverpool, Brahim Diaz Ngamuk Usai Pertandingan

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x