Kompas TV internasional kompas dunia

Tentara Taliban Bersenjata Lengkap Pesiar ke Kebun Binatang Kabul usai Salat Jumat dan Berfoto Ria

Kompas.tv - 18 September 2021, 18:09 WIB
tentara-taliban-bersenjata-lengkap-pesiar-ke-kebun-binatang-kabul-usai-salat-jumat-dan-berfoto-ria
Seorang tentara Taliban terlihat memegang tandung rusa di kebun binatang Kabul. (Sumber: France24/AFP)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

KABUL, KOMPAS.TV - Tentara Taliban bersenjata lengkap dengan senapan serbu AK-47 dan M16 berbaur di antara pengunjung keluarga di Kebun Binatang Kabul. Ini sungguh pengalaman baru bagi banyak kombatan muda dari pedesaan Afghanistan.

Seperti dilansir France24, Sabtu (18/09/2021), pengunjung menggelar piknik di tempat teduh, menikmati es krim dan biji delima asin. Sementara, tentara bersenjata Taliban bersenjata berat mengintip ke kandang singa, macan tutul, unta, serigala, burung unta dan kera.

Setelah bertahun-tahun bertempur di pedesaan, usai merebut ibu kota Kabul, banyak tentara muda Taliban untuk pertama kalinya menjejak kota besar.  

Di Kebun Binatang Kabul, mereka mengambil foto narsis dan berpose beramai-ramai. Tetapi, ketenangan relatif itu tiba-tiba berubah ketika seorang petarung mencengkeram tanduk rusa dan teman-temannya tertawa terbahak-bahak.

Usai salat Jumat, puluhan petempur Taliban bersenjata muncul. Banyak lagi yang tidak membawa senjata, mengenakan topi tradisional, sorban, dan syal. Beberapa memakai riasan mata yang populer di kalangan pria Afghanistan.

Seorang anggota Taliban, Abdul Qadir, 40 tahun, yang sekarang bekerja untuk kementerian dalam negeri, mengatakan dia sedang jalan-jalan dengan sekelompok teman pria.

"Saya sangat menyukai binatang, terutama yang dapat ditemukan di negara kita," katanya. "Saya sangat menyukai singa."

Baca Juga: Lembah Panjshir Kini Kosong Melompong Usai Taliban Kuasai Hampir Seluruh Provinsi

Seorang anak kecil tampak berpose memegang senapan serbu AK-47 yang dipinjamkan tentara Taliban di kebun binatang Kabul (Sumber: France24/AFP)

Ditanya tentang kehadiran orang-orang bersenjata, yang tidak pernah terdengar di kebun binatang lain di seluruh dunia, Abdul Qadir mengatakan, Taliban mendukung pelarangan senjata dari tempat itu sehingga "anak-anak atau wanita tidak perlu merasa takut".

Kebun binatang itu telah lama menjadi surga bagi wanita, anak-anak, dan kekasih muda di ibu kota yang memiliki sedikit ruang publik bagi siapa pun.

Satu unit yang terdiri dari enam pria bersenjata dari direktorat intelijen Taliban, mengenakan seragam militer lengkap, rompi tempur yang penuh dengan amunisi dan borgol baja, helm tempur dan bantalan lutut, berkumpul untuk berfoto bersama dengan seorang mullah yang mengenakan sorban.



Sumber : France24

BERITA LAINNYA



Close Ads x