Kompas TV nasional politik

Selain Ganjar, Relawan Juga Bakal Bermunculan Dukung Anies, Sandiaga dan Ridwan Kamil

Kompas.tv - 18 September 2021, 17:02 WIB
selain-ganjar-relawan-juga-bakal-bermunculan-dukung-anies-sandiaga-dan-ridwan-kamil
Ridwan Kamil saat berfoto bersama Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo saat hadir di sebuah acara televisi. (Sumber: Tangkapan layar Instagram @ridwankamil)
Penulis : Vidi Batlolone | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV – Menjelang 2024 bakal semakin banyak bermunculan kelompok relawan yang mendeklarasikan dukungan calon presiden. Relawan biasanya muncul untuk memberikan dukungan kepada tokoh potensial dengan elektabilitas tinggi, namun tidak mempunyai kekuatan di partai politik.

Hal ini disampaikan Direktur Eksekutif Charta Politica Yunarto Wijaya Sabtu (18/9/2021) ketika diminta menganalisis dukungan relawan Jokowi Mania kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

“Fenomena munculnya gerakan relawan yang mendeklarasikan sosok capres seperti Ganjar Pranowo, saya pikir fenomena yang lumrah terjadi,” katanya.

Baca Juga: PKB :  Relawan Seharusnya Bantu Presiden Ketimbang Bicara Pilpres

Menurutnya relawan muncul karena ada tokoh yang populer di masyarakat, namun bukan tokoh kuat di partai politik. 

“Jadi angka surveinya cukup tinggi. Banyak mendapatkan pemberitaan sehingga dia menjadi seorang bintang dalam pertarungan menuju pilpres. Yang kedua, kecenderungannya sosok ini bukan pemegang keputusan di partainya,” katanya.

Ganjar Pranowo, disebutkan Yunarto merupakan sosok yang bisa memunculkan relawan. Sebab Ganjar Pranowo merupakan tokoh populer yang elektabilitasnya sangat tinggi.

Namun di sisi lain, Ganjar bukan pembuat keputusan di PDIP.

Baca Juga: Relawan Jokowi Dukung Ganjar Capres 2024, PPP: Kalau Tak Didukung Parpol Percuma!



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.