Kompas TV religi beranda islami

Cerita Masuk Islam karena Surat Al-Ikhlas

Kompas.tv - 18 September 2021, 17:32 WIB
cerita-masuk-islam-karena-surat-al-ikhlas
Ilustrasi banyak keajaiban karena Al-Quran, salah satunya surat Al-Ikhlas. (Sumber: freepik)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bagaimana cerita seseorang bisa masuk Islam karena surat Al-Ikhlas? Hal ini berdasarkan sejarah Nabi ketika hendak dibunuh oleh berandal suruhan Abu Jahal. Berandal itu bernama Suraqah.

Ketika itu Nabi berada di Madinah dan orang-orang yang membenci beliau berada di Darun Nadwah. Darun Nadwah adalah sebuah tempat berkumpulnya orang-orang Quraisy dan terletak di utara Ka’bah.

Di tempat itu, Abu Jahal berseru dengan lantang. ”Barang siapa yang mampu mengembalikan Muhammad ke tanah ini lagi, meskipun cuma kepalanya, akan kami beri imbalan seratus unta merah yang berwarna hitam!”

Sontak, imbauan itu pun membuat Suraqah kepincut. “Siapkan hadiah buatku, akan kubawa Muhammad ke hadapan kalian.”

Suraqah adalah salah satu berandal pilih tanding waktu itu. Tak mau menunggu lama, ia pun bergegas berlari dengan kuda dan pedangnya untuk membunuh Nabi.  

Baca Juga: Berkenalan dengan Mukhairiq, Orang Yahudi yang Pernah Membantu Nabi Muhammad

Singkat cerita, sampailah ia di tempat Nabi dan bersiap menghunus pedang. Ia berada di atas kuda dan baru satu langkah, tiba-tiba kudanya berhenti. Kaki kuda itu seperti kaku. Lalu, kuda itu tersungkur ke tanah.

Tubuh Suraqah pun terperosok, tibat-tiba saja ia tidak bisa bergerak sama sekali. Kakinya kaku. Hanya lidahnya yang bisa bergerak. Bumi seperti hendak menelannya hidup-hidup.

“Ya Muhammad. Selamatkan diriku,” pinta Suraqah.

Rasululllah lalu mendoakan Suraqah dan menyelamatkannya. Namun, Suraqah tampaknya ingin memperdaya Nabi.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.