Kompas TV nasional peristiwa

Pengakuan Nelayan Natuna Yang Sebut Kondisi Laut Natuna Tidak Aman

Kompas.tv - 18 September 2021, 16:15 WIB
Penulis : Abdur Rahim

NATUNA, KOMPAS.TV – Ketua Aliansi Nelayan Natuna Hendri menyebut, kondisi di perairan natuna saat ini tidak aman.

Pasalnya, ada banyak aktivitas kapal coast guard negara asing yang berpatroli serta nelayan asing yang memancing ikan di perairan Natuna.

“Di laut Natuna itu tidak aman Pak. Ada aktivitas kapal ikan asing yang menangkap asing di laut Natuna Utara, kemudian ada coast guard mereka yang senantiasa melindungi kapal-kapal ikan asing tersebut. Kadang kala kapal coast guard ini memburu dan mengejar nelayan Natuna dan mengusir nelayan Natuna dari perairan itu. Padahal perairan itu adalah laut Indonesia”, kata Hendri saat menanggapi dialog kemaritiman di Kompas TV.

Tak hanya itu, ia juga menyebut, negara asing juga melakukan aktivitas militer di Laut Natuna Utara. 

"Tapi kenyataannya kapal-kapal asing ini tidak dalam kondisi berlayar bebas. Seperti Coast Guard Vietnam, coas guard China, mereka pernah memburu nelayan kita. Mereka ada aktivitas, pesawat tempurnya naik turun, helikopternya juga terbang ke kita", tambahnya.

Baca Juga: Heboh! Nelayan Natuna Diintimidasi Oleh Kapal Coast Guard Vietnam Saat Memancing di Perairan Natuna

Ia mencontohkan, sebelumnya sebuah kapal nelayan tradisional Natuna mendapat intimidasi dari kapal coast guard Vietnam saat mencari ikan di perairan Natuna Utara.

“Kronologi dari kejadian ini adalah ketika nelayan Natuna sedang menangkap ikan di wilayah tersebut, didatangi oleh coast guard Vietnam, nelayan natuna diusir bahkan didempet”, ungkap Hendri dalam sebuah video yang diterima Kompas TV.

Ia menyebut, beruntung nelayan Natuna kemudian mendapatkan perlindungan dari angkatan laut Indonesia yang saat itu tengah berjaga. 

“Ketika itu ada kapal angkatan laut kita, yang ikut membantu nelayan natuna melindungi dari pengejaran kapal coast guard tersebut. kapal angkatan laut kita menurunkan raider mereka untuk menghalangi kapal coast guard memburu nelayan Natuna”, tambahnya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.