Kompas TV religi beranda islami

Berapa Lama Manusia akan Berada di Surga?

Kompas.tv - 18 September 2021, 16:57 WIB
berapa-lama-manusia-akan-berada-di-surga
ilustrasi tentang surga yang indah. (Sumber: freepik)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Mungkin ini pernyataan sejuta umat, setelah kita nanti masuk surga -yang perlu kita Aminkan bersama- berapa lama kira-kira akan bertahan di surga kelak?

Pertanyaan ini mungkin sulit dijawab, sebab hanya Allah saja Yang Maha Tahu segalanya. Tapi, Nabi kita tercinta sudah punya ‘bocoran’ terkait berapa lama nanti umatnya akan berada di surga.

Dalam kitab Mawaidz Ushfuriyah karya Muhammad bin Abu Bakar al-Ushfuri disebutkan tentang berapa lama manusia kelak akan berada di surga.

Baca Juga: Kisah Masuk Surga karena Seekor Burung

Rasulullah SAW bersabda, ”Ketika para penghuni surga sudah masuk di dalamnya maka akan terdengar seruan, ’Di tempat ini kalian akan hidup dan tak akan pernah mati selamanya'.

'Kalian akan sehat terus dan tak akan pernah sakit selamanya. Kalian akan selalu muda dan takkan pernah tua selamanya. Kalian akan senantiasa bersenang-senang dan tak akan pernah sedih untuk selama-lamanya’.”

Begitulah. Surga akan ada selamanya bagi mereka yang mendapatkan karunia dari Allah untuk memasukinya. Bahkan, seperti hadis di atas, para penduduk surga akan mendapatkan balasan berupa hidup yang senatiasa sehat, muda dan jauh dari kesengsaraan.

Hal ini sebagaimana firman Allah SWT dalam Al-Qur’an.

Watilkal jannatullaty uuristumuuha bima kuntum ta’lamuun.

Artinya: “Dan itulah surga yang diwariskan kepada kamu disebabkan amal-amal yang dahulu kamu kerjakan”. (QS. Az Zukhruf: 72).

Jadi jika masih ada pertanyaan, berapa lama kelak manusia akan bertahan di surga? Entahlah, hanya Allah Yang Maha Tahu Segalanya.

Justru, harusnya kisa bertanya kepada diri kita sendiri. Apakah kita sudah pantas untuk mendapatkan rida dari-Nya untuk kelak berada di surga-Nya? Wallahu a’lam.

Baca Juga: Kisah PSK Masuk Surga karena Menolong Seekor Anjing

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.