Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

Usir Sepi saat Akhir Pekan dengan Melakukan 4 Hal Ini

Kompas.tv - 18 September 2021, 16:44 WIB
usir-sepi-saat-akhir-pekan-dengan-melakukan-4-hal-ini
Ilustrasi kesepian (Sumber: pixabay.com)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Edy A. Putra

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV – Biasanya, akhir pekan menjadi waktu istimewa untuk sebagian orang. Sejumlah rencana kegiatan bahkan telah tersusun rapi beberapa hari sebelumnya.

Kegiatan itu bisa berupa jalan-jalan ke luar kota bersama teman, sahabat, atau keluarga, hingga sekadar nongkrong di kafe atau pusat keramaian lain.

Tapi, tidak semua orang memiliki kesempatan untuk berakhir pekan bersama sahabat atau orang terkasih. Terlebih di masa pandemi seperti saat ini.

Terkadang ada rasa kesepian saat harus berakhir pekan sendiri. Apalagi jika tidak melakukan aktivitas apa pun.

Baca Juga: Waspada! 8 Perairan Berikut Berpotensi Alami Gelombang Tinggi hingga 6 Meter Akhir Pekan Ini

 

Media sosial sering kali menjadi tempat pelampiasan rasa sepi. Padahal menurut riset yang diterbitkan American Journal of Preventive Medicine, penggunaan media sosial justru memicu kesepian.

Psikolog sosial, Sherry Turkle, menyebut bahwa media sosial dapat menyebabkan seseorang menjadi lebih terasing satu sama lain di kehidupan nyata.

Kesepian juga disebut-sebut dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Sepertiga orang kesepian juga rentan memiliki tekanan darah yang lebih rendah daripada orang yang bahagia bersama teman atau keluarganya.

Berikut empat hal yang bisa dilakukan untuk mengusir sepi:



Sumber : Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x