Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

5 Cara Mengatasi Gagal Scan Barcode di Aplikasi PeduliLindungi

Kompas.tv - 18 September 2021, 16:21 WIB
5-cara-mengatasi-gagal-scan-barcode-di-aplikasi-pedulilindungi
Ilustrasi aplikasi pedulilindungi (Sumber: KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Edy A. Putra

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Seperti sudah diketahui, masyarakat yang ingin beraktivitas di ruang publik seperti mal, supermarket, restoran, atau ingin menggunakan moda transportasi umum (darat, laut, dan udara) kini perlu memiliki aplikasi PeduliLindungi.

Melalui aplikasi ini, seseorang dapat diketahui bahwa ia telah menerima vaksin Covid-19 atau belum.

Selain itu, pemilik aplikasi pun perlu melakukan scan barcode sebagai syarat untuk masuk ke berbagai tempat umum.

Baca Juga: Jadi Penanda Kondisi Kesehatan, Kenali 3 Warna di Aplikasi PeduliLindungi

Namun dalam prakteknya, aplikasi PeduliLindungi sering mengalami error dan tidak berfungsi.

Kendala yang sering terjadi yaitu pengguna tidak bisa scan barcode di PeduliLindungi, tidak bisa login, hingga kesalahan data yang tercantum.

Ada beberapa cara yang bisa dicoba untuk memperbaiki masalah yang membuat aplikasi PeduliLindungi tidak berfungsi.

Melansir dari KOMPAS.com pada Sabtu (18/9/2021), berikut ini 5 cara mengatasi masalah tidak bisa scan barcode di aplikasi PeduliLindungi:

1. Membersihkan data cache

Tidak bisa scan barcode di aplikasi PeduliLindungi juga bisa disebabkan oleh penuhnya ruang penyimpanan ponsel. Salah satu upaya yang bisa dilakukan agar ruang penyimpanan kembali kosong adalah dengan menghapus data cache.

2. Menutup aplikasi di background

Penyebab tidak bisa scan barcode di aplikasi PeduliLindungi selanjutnya adalah adanya banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang ponsel. Oleh sebab itu, pastikan tidak ada aplikasi lain yang berjalan di background sebelum melakukan scan barcode PeduliLindungi.

3. Memperbarui aplikasi

Tidak memperbarui aplikasi juga dapat menyebabkan kendala saat hendak scan barcode PeduliLindungi. Pastikan mengecek secara rutin pembaruan software atau melakukan update aplikasi PeduliLindungi ke versi terbaru agar aplikasi berjalan lancar. Pembaruan aplikasi PeduliLindungi bisa dilakukan melalui Google Play Store (Android) atau Apple App Store (iOS).

4. Pastikan koneksi internet stabil

Tidak bisa scan barcode PeduliLindungi bisa terjadi akibat koneksi internet yang tidak stabil. Kondisi itu akan membuat proses pemindaian QR Code (scan QR) melalui aplikasi PeduliLindungi tidak berhasil. Cara mengatasinya, cari dan gunakan koneksi internet yang lebih stabil, baik yang berasal dari WiFi maupun tethering.

5. Login secara berkala

Login (masuk) lalu logout (keluar) secara berulang-ulang juga bisa mengatasi masalah tidak bisa scan barcode di aplikasi PeduliLindungi. Dengan cara ini, aplikasi akan memberi respons secara otomatis, sehingga fitur QR Code akan berfungsi seperti semula.

Baca Juga: Simak! Begini Alur Verifikasi Sertifikat Vaksin Covid-19 dari Luar Negeri untuk Akses PeduliLindungi



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.