Kompas TV internasional kompas dunia

Hadiri Debat, Kandidat PM Jepang Beda Pendapat Soal Hak Perempuan dan Pernikahan Sesama Jenis

Sabtu, 18 September 2021 | 15:13 WIB
hadiri-debat-kandidat-pm-jepang-beda-pendapat-soal-hak-perempuan-dan-pernikahan-sesama-jenis
Empat kandidat presiden LDP sekaligus perdana menteri Jepang, Taro Kono, Fumio Kishida, Sanae Takaichi, dan Seiko Noda. (Sumber: Kimimasa Mayama/Pool European Pressphoto Agency via Associated Press)

TOKYO, KOMPAS.TV - Empat kandidat perdana menteri Jepang menghadiri debat terbuka mengenai sejumlah isu menjelang pemilihan presiden Partai Liberal Demokratik (LDP), partai yang menguasai parlemen.

Dua kandidat utama, Taro Kono dan Fumio Kishida, menyampaikan komitmen yang sama tentang penanganan pandemi. Namun keduanya berbeda pendapat soal pernikahan sesama jenis dan hak-hak perempuan.

Dua kandidat lainnya adalah Seiko Noda, eks menteri urusan kesetaraan gender, serta Sanae Takaichi, mantan menteri dalam negeri.

Debat calon perdana menteri itu disiarkan oleh stasiun televisi nasional TV Asahi, Jumat (17/9/2021). Keempat kandidat menyatakan bahwa mereka akan membuat kebijakan lebih baik untuk mengatasi pandemi dan memangkas kesenjangan pendapatan.

Baca Juga: Cari Suaka di Jepang, Lelaki Rusia yang Gemar Doraemon Ini Nekat Renangi Laut selama 23 Jam

Taro Kono, menteri vaksin sekaligus kandidat terpopuler, menyatakan mendukung legalisasi pernikahan sesama jenis. Kono memiliki pemikiran berbeda dari pandangan umum di LDP yang berhaluan konservatif.

Sementara itu, saingan utama Kono, Kishida, menyebut bahwa ia “belum bisa menyetujui pernikahan sesama jenis”.

Topik nama perempuan juga menimbulkan perbedaan pendapat dalam debat tersebut. Aktivis hak-hak perempuan dan sejumlah anggota dewan ingin mengatur bahwa perempuan bebas memilih nama keluarga setelah menikah. Hal tersebut tidak dimungkinkan di bawah hukum yang berlaku di Jepang saat ini.

Takaichi yang dikenal sebagai kandidat paling konservatif, menolak gagasan itu. Menurutnya, bebas memilih untuk mempertahankan atau mengganti nama keluarga akan menimbulkan kebingungan.

Empat kandidat di atas bersaing untuk kursi kepresidenan LDP, partai berkuasa saat ini. Presiden LDP sendiri hampir pasti menjadi perdana menteri Jepang mengingat jumlah kursi partai itu di parlemen.

Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
19:21
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19