Kompas TV religi beranda islami

Jasad Berumur Ratusan Tahun Ditemukan Masih Utuh, Lalu Hidup dan Berbicara

Kompas.tv - 18 September 2021, 14:49 WIB
jasad-berumur-ratusan-tahun-ditemukan-masih-utuh-lalu-hidup-dan-berbicara
Penanda bendera terlihat di lokasi kuburan tak bertanda di dekat bekas sebuah sekolah asrama penduduk pribumi di Saskatchewan, Kanada, pada 27 Juni 2021. (Sumber: Xinhua/Amru Salahuddien)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV -  Seorang penggali kubur menemukan jasad berumur ratusan tahun, namun kain kafan yang membungkusnya tetap utuh. Tidak hanya itu, jasad tersebut ternyata hidup lagi dan berbicara.

Cerita ini termaktub dalam kitab ‘uyun al-hikayat min Qashash ash-Sholihin wa Nawadzir az-Zahidin karya Ibnu Jauzi, ulama termasyhur yang banyak dijadikan rujukan.

Kisah ini bermula dari cerita seorang tukang gali gubur di al-Mar’asyy di Antiokia, kini masuk wilayah Suriah. Suatu hari, tukang gali kubur itu bercerita kepada ulama bernama Abu Ali ar-Rabzabadi.

Tukang gali kubur itu bercerita, suatu ketika saat ia sedang menggali kubur, ia menemukan sebuah liang lahad. Sekop yang ia gunakan untuk menggali, membentur sesuatu di dalam tanah. Ternyata, setelah diselidiki, sebuah liang lahad.

Ia merasa, liang lahad itu aneh. Agak kasar memang, tapi bukan itu yang jadi masalah.

Baca Juga: Geger Ribuan Burung Pipit Mati Berjatuhan Usai Hujan Deras di Area Kuburan Adat Bali

 

Umur liang lahad itu sudah tampak tua. Ia memprediksi, lubang itu mungkin berumur ratusan tahun atau lebih. Terbukti, sekop yang biasanya gampang digunakan untuk memecah batu atau tanah, tidak berfungsi.

Sebagai ahli kubur, ia langsung mengerti. Mungkin yang dikubur adalah orang kaya atau sejenisnya. Tapi, ketika ia melihat lebih dalam, tampaknya tidak seperti orang kaya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x