Kompas TV nasional peristiwa

Daftar 4 Aksi Kejam KKB di Papua yang Memakan Korban

Kompas.tv - 18 September 2021, 12:33 WIB
daftar-4-aksi-kejam-kkb-di-papua-yang-memakan-korban
Petugas mengevakuasi jenazah korban penyerangan oleh KKB di Sungai Branza, Kabupaten Yahukimo, Papua, Minggu (22/8/2021). (Sumber: Kompas.tv/Ant/HO-Satgas Nemangkawi)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Gading Persada

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Aksi brutal Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua kembali terjadi.

Terbaru aksi KKB di Kiwirok Senin (13/9/2021) dengan korban satu tenaga kesehatan (nakes) gugur, empat lainnya terluka, satu mantri yang hilang.

Peristiwa ini berlangsung sekitar empat jam dan mengakibatkan juga seorang anggota TNI mengalami luka tembak di bagian tangan dan sejumlah fasilitas umum dibakar.

Sebelumnya KKB pernah melakukan aksi kejam, berikut 4 aksi kejam KKB selama tahun 2021 yang dirangkum Kompas.tv dari berbagai sumber, Sabtu (18/9):

1. Kasus penembakan seorang guru di Disrik Beoga

Seorang guru bernama Oktovianus Rayo tewas ditembak KKB pada Kamis, 8 April 2021. Oktovianus tinggal di Kampung Julukoma, Distrik Beoga, Kabupaten Intan Jaya, Papua.

Korban ditembak sebanyak dua kali oleh KKB yang masuk ke dalam rumahnya. Penyerangan diduga dilakukan kelompok bersenjata (KKB) pimpinan Nau Waker.

Pada 12 April 2021, kepolisian mengatakan telah mengidentifikasi pelaku penembakan tersebut.

Baca Juga: Kisah Pilu Nakes yang Menjadi Korban dalam Serangan KKB di Kiwirok

2. Kasus penyerangan kantor polisi Oksamol

KKB menyerang Kantor Polsubsektor Oksamol di Distrik Oksamol, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, pada Jumat, 28 Mei 2021. 

Dari aksi penyerangan  itu, Kepala Subsektor Oksamol Briptu Mario Sanoy tewas.

Juru Bicara Satuan Tugas atau Satgas Nemangkawi Kombes Pol M. Iqbal Alqudusy saat itu mengatakan insiden penyerangan terjadi pada sekitar pukul 01.00 WIT. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x