Kompas TV video sinau

Bersama Sarang Burung Walet, Semua Bisa Jadi Jutawan

Kompas.tv - 18 September 2021, 12:05 WIB
Penulis : Sunbhio Pratama

KOMPAS.TV-Beberapa waktu yang lalu, ramai di media sosial, sebuah video yang menunjukan. Seorang pria sedang memanen sarang burung wallet. Warganet juga ramai ikut berkomentar mengenai video tersebut. Sebenarnya apa itu sarang burung walet? Dan kenapa juga bisa begitu mahal harganya.

Sarang burung walet adalah sarang yang dibuat dari  air liur burung itu sendiri. Air liur itu membentuk gumpalan. Gumpalan dari air liur itulah, yang dipanen, diperjualbelikan kemudian banyak dicari dan jadi bahan obat atau salah satu kuliner termahal di dunia.

Selama berabad-abad sarang burung walet banyak diperjualbelikan ke China di antaranya sarang yang berasal dari Indonesia tepatnya, Pulau Palawan Filipina. Sarang burung walet saat dipanen bentuknya kering, namun saat diolah ia berubah menjadi seperti agar-agar.

Saat di alam liar, burung walet membuat sarang di celah tebing batu kapur. Sarang burung walet dikenal sebagai bahan pembuatan obat, dan diyakini memiliki berbagai macam khasiat.

Kenapa harga sarang burung walet begitu mahal? Ini karena proses pengolahan yang rumit dan panjang, dan termasuk komoditas produk hewani dengan harga jual yang tinggi. 

Baca Juga: Pintar Bicara dalam 6 Bahasa, Burung Beo Ini Dapat Rekor MURI!

https://www.kompas.tv/article/210987/pintar-bicara-dalam-6-bahasa-burung-beo-ini-dapat-rekor-muri 

Grafis: Arief Rahman



Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.