Kompas TV nasional peristiwa

Nakes Gugur Diserang KKB, Komisi I DPR Desak Pemerintah Jamin Keamanan Tenaga Kesehatan di Papua

Kompas.tv - 18 September 2021, 12:04 WIB
nakes-gugur-diserang-kkb-komisi-i-dpr-desak-pemerintah-jamin-keamanan-tenaga-kesehatan-di-papua
Anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan (PDIP) Tubagus Hasanuddin alias TB Hasanuddin. (Sumber: TRIBUNNEWS.COM/TRIBUNNEWS.COM/FX ISMANTO)
Penulis : Vidi Batlolone | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV – Komisi I DPR RI mendukung sikap Ikatan Dokter Indonesia (IDI) yang mendesak pemerintah memberikan jaminan keselamatan bagi tenaga kesehatan yang bertugas di Papua.

Hal ini agar tidak terulang lagi peristiwa seperti gugurnya suster Gabriela Meilan dalam penyerangan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Distrik Kiwirok, Pegunungan Bintang,Papua, Senin (13/9/2021) lalu.

Anggota Komisi I DPR Tubagus (TB)  Hasanuddin mengatakan jaminan kesehatan semakin mendesak karena KKB di Papua bertindak semakin brutal.

“Kalau saya perhatikan perkembangan hari-hari  ini di Papua pergerakan kelompok bersenjata itu semakin masif dan malah justru semakin brutal,” kata TB Hasanuddin, Sabtu (18/9).

Baca Juga: Keji, Teroris KKB Papua Serang Tenaga Kesehatan

Permintaan TB Hasanuddin ini sejalan juga dengan permintaan Ikatan Dokter Indonesia. Sebelumnya IDI juga mendesak pemerintah untuk memberikan jaminan keamanan bagi para tenaga kesehatan yang bertugas di Papua.

TB Hasanuddin menyatakan seharusnya tenaga medis tidak menjadi sasaran dalam konflik bersenjata.

“Dalam konvensi perang pun tenaga kesehatan, dokter atau mungkin sarana dan prasarana dan rumah ibadah tidak boleh jadi target petempuran,” tuturnya.

Baca Juga: Dua Tenaga Kesehatan Hilang Usai KKB Bakar Puskesmas di Kiwirok, Diduga Kabur ke Perbukitan

Karena itu, dengan adanya korban jiwa dari masyarakat sipil dan tenaga kesehatan di Papua, TB Hasanuddin mendukung permintaan Ikatan Dokter Indonesia agar pemerintah memberikan jaminan keamanan.

DIa menegaskan, tenaga kesehatan tidak ikut berkonflik. Mereka hadir di Papua untuk melakukan tugas-tugas kemanusiaan. Karena itu penyerangan terhadap tenaga kesehatan tidak dapat diterima.

"Mereka adalah pekerja sosial untuk kepentingan siapapun ga boleh jadi target. Harusnya mendapat perlindungan. Negara harus melindunginya,” paparnya.

Anggota Komisi I lainnya, Dave Laksono mengatakan keamanan masyarakat sipiul dan tenaga kesehatan di Papua perlu mendapat perhatian serius.

Baca Juga: Proses Evakuasi Jenazah Nakes Tewas Akibat Penyerangan KKB Papua dari Jurang Sedalam 300 Meter

Apalagi dia menduga, menjelang pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) di Papua, bakal banyak penyerangan-penyerangan yang dilakukan KKB.

“Semakin dekat kita dengan PON, semakin banyak kegiatan sporadis penyerangan-penyerangan,” katanya.

Karena itu dia berharap unsur-unsur keamanan negara memperkuat kegiatan pengamanan. Bukan hanya memperbanyakan jumlah personel, tapi juga dengan meningkatkan patroli.



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.