Kompas TV entertainment selebriti

BLACKPINK Didapuk jadi Duta SDGs PBB, Apa Tugasnya?

Kompas.tv - 18 September 2021, 10:57 WIB
blackpink-didapuk-jadi-duta-sdgs-pbb-apa-tugasnya
Tugas BLACKPINK sebagai Duta SDGs PBB. (Sumber: Instagram/@blackpinkofficial)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV – Grup musik asal Korea Selatan, BLACKPINK, ditunjuk sebagai salah satu duta dari tujuan pembangunan berkelanjutan atau sustainable development goals (SDGs) untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Sekretaris Jenderal PBB Antonie Guterres menunjuk BLACKPINK bersama Peraih Nobel Perdamaian Kailash Satyarthi, aktivis STEM Valentina Muñoz Rabanal, dan Presiden Microsoft Brad Smith sebagai Duta SDGs PBB.

Untuk diketahui SDGs merupakan serangkaian tujuan, sasaran, dan indikator pembangunan berkelanjutan yang berfokus pada kemiskinan, ketimpangan, iklim, manajemen air dan energi, serta isu global lainnya.

Baca Juga: Artis Asia Pertama, BLACKPINK Didapuk jadi Duta SDGs PBB

Keempat Duta SDGs PBB yang baru ini secara khusus akan memperjuangkan isu-isu utama seperti iklim, kesenjangan gender dan hak-hak anak.

“Kami berada di momen penting. Pilihan yang kita buat sekarang dapat menempatkan kita di jalan menuju kehancuran dan masa depan krisis abadi; atau terobosan ke dunia yang lebih hijau dan lebih aman,” kata Antonio, dikutip dari laman SDG Advocates, Sabtu (18/9/2021).

“Para Advokat SDG menggunakan lingkup pengaruh mereka yang cukup besar untuk menjangkau konstituen baru untuk bertindak sekarang dan menepati janji Tujuan Pembangunan Berkelanjutan untuk manusia dan untuk planet ini,” sambungnya.

Lantas, apa tugas BLACKPINK sebagai Duta SDGs PBB?

Sebagai artis pop yang mendunia, BLACKPINK telah terlibat dengan Konferensi Perubahan Iklim PBB 2021 atau UN Climate Change Conferences of the Parties (COP26) untuk mendorong anak muda mengambil tindakan iklim dalam rangka melindungi bumi sebagai planet manusia.

Jisoo, Jennie, Rose, dan Lisa akan terus mengemban tugas mereka memberikan pengaruh postifinya terkait iklim global untuk membawa perubahan yang baik bagi dunia.

Baca Juga: Jadi Artis K-Pop Perempuan Pertama, Rose BLACKPINK Tampil di Met Gala 2021

“Kami benar-benar percaya pada pentingnya tindakan kolektif. Kita hanya akan mampu membuat perbedaan ketika kita bersatu, demi kebaikan semua orang. Sekarang saatnya bertindak untuk hari esok yang lebih aman dan masa depan yang lebih baik,” kata mereka.

Tim Duta SDGs PBB yang diketuai oleh Presiden Ghana Nana Addo Dankwa Afuko dan Perdana Menteri Norwegia Erna Solberg ini akan bekerja untuk memobilisasi tindakan demi mewujudkan SDG di tahun 2030.



Sumber : Kompas TV/SDG Advocates


BERITA LAINNYA



Close Ads x