Kompas TV regional wisata

Wagub Jawa Tengah, Taj Yasin Ikut Coba Langsung Simulasi Pembukaan Wisata Candi Borobudur

Kompas.tv - 18 September 2021, 10:27 WIB
Penulis : Dea Davina

MAGELANG, KOMPAS.TV - Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin mencoba langsung simulasi ujicoba pembukaan Wisata Borobudur, Jumat 17 September 2021.

Seperti pengunjung lainnya, ia juga harus melewati pengecekan di gerbang masuk, mulai cek prokes, scan aplikasi Peduli Lindungi, hingga membeli tiket di loket.

Baca Juga: PPKM Turun ke Level 3, Wisata di Bali Mulai Dibuka

Dengan mengikuti tahapan yang ada, Taj Yasin merasa protokol kesehatan sudah dilakukan dengan baik.

Penerapan prokes tidak hanya di tempat wisata, namun juga di luar objek wisata sehingga penularan covid-19 dapat ditekan.

Melalui aplikasi Peduli Lindungi, pihak pengelola juga bisa mengetahui jumlah pengunjung yang telah masuk, sehingga diketahui daya tampung maksimal di lokasi objek wisata.

Sementara itu, direktur PT TWC Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko, Edy Setijono mengatakan, simulasi ujicoba ini sesuai Surat Edaran Deputi Bidang Industri dan Investasi Kemenparekraf, tentang panduan penggunaan aplikasi Peduli Lindungi dan penerapan prokes pada uji coba pembukaan usaha pariwisata taman rekreasi di daerah dengan PPKM level 3 di Jawa Tengah.

Baca Juga: Tempat Wisata Dibuka, Volume Kendaraan Menuju Kota Batu Meningkat 25 Persen

Dibukanya kembali Candi Borobudur, diharapkan roda ekonomi di sektor wisata dapat kembali berputar.

Selain Borobudur, tiga tempat wisata yang melakukan uji coba pembukaan adalah yakni Candi Prambanan di Klaten, Taman Puri Maerokoco Kota Semarang dan Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) Surakarta. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x