Kompas TV entertainment selebriti

Artis Asia Pertama, BLACKPINK Didapuk jadi Duta SDGs PBB

Kompas.tv - 18 September 2021, 10:27 WIB
artis-asia-pertama-blackpink-didapuk-jadi-duta-sdgs-pbb
BLACKPINK didapuk sebagai Duta SDGs PBB.  (Sumber: instagram/@blackpinkofficial)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV – Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menunjukan grup musik Korea Selatan BLACKPINK sebagai duta Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs).

BLACKPINK menjadi artis Asia pertama yang menjadi duta SDGs PBB setelah menerima surat dari Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres, Jumat (17/9/2021).

Untuk diketahui, SDGs PBB adalah seperangkat tujuan, sasaran, dan indikator pembangunan berkelanjutan yang bersifat universal.

Baca Juga: Berkat Lisa BLACKPINK, Penjual Bakso di Thailand Banjir Pesanan

SGDs bertujuan untuk memberantas kemiskinan, ketimpangan, memperbaiki manajemen air dan energi, serta perubahan iklim.

SDGs mencangkup 17 tujuan utama dan 169 tujuan rinci yang menjadi standar global untuk pengelolaan berkelanjutan

Sebagai duta SDGs, grup K-Pop yang beranggotakan Jennie, Rose, Lisa, dan Jisoo ini akan membatu meningkatkan kesadaran terkait 17 tujuan utama SDGs tersebut demi mencapai masa depan yang lebih baik.

BLACKPINK mengonfirmasi partisipasi mereka dan mengaku merasa terhormat karena bisa menjadi bagian dari pembangunan berkelanjutan dari PBB.

“Merupakan suatu kehormatan untuk berpartisipasi dalam menciptakan jalan menuju dunia yang lebih baik. Bersama dengan BLINK, kami ingin mempromosikan pentingnya SDG ke seluruh dunia dan berkontribusi untuk memecahkan masalah yang kita hadapi saat ini,” kata BLACKPINK, dikutip dari Allkpop, Sabtu (18/9/2021).

Baca Juga: Salip Taylor Swift, Lisa Blackpink Pecahkan Rekor Dunia

Melansir dari laman resmi SDG Advocate, selain BLACKPINK, Antonio Guterres juga menunjuk tiga duta SDGs baru lainnya, yakni peraih Nobel Perdamaian Kailash Satyarthi, aktivis STEM Valentina Munoz Rabanal, dan Presiden Microsoft Brad Smith.

Duta SDGs PBB yang baru ini secara khusus akan menangani isu utama seperti iklim, kesenjangan digital, kesetaraan gender, dan hak-hak anak.

“Para Advokat SDG menggunakan lingkup pengaruh mereka yang cukup besar untuk menjangkau konstituen baru untuk bertindak sekarang dan menepati janji Tujuan Pembangunan Berkelanjutan untuk manusia dan untuk planet ini,” kata Antonio.



Sumber : Kompas TV/Allkpop/SDG Advocate

BERITA LAINNYA



Close Ads x