Kompas TV internasional kompas dunia

Tak Mau Terlibat Apartheid, Siswa Israel Cari Suaka ke Inggris

Jumat, 17 September 2021 | 18:08 WIB
tak-mau-terlibat-apartheid-siswa-israel-cari-suaka-ke-inggris
Tentara Israel menyerang warga Palestina yang akan berunjuk rasa mendukung Nabi Muhammad di Masjid Al-Aqsa, Jumat (18/6/2021). (Sumber: AP Photo/Mahmoud Illean)

LONDON, KOMPAS.TV – Pengadilan Inggris dijadwalkan akan mendengarkan kesaksian seorang pemuda Israel yang mencari suaka karena khawatir wajib militer yang harus dijalaninya akan memaksanya melakukan kejahatan perang.

Pengacara dari siswa ilmu agama berusia 21 tahun itu mengatakan kliennya melarikan diri dari Israel pada 2017 setelah menerima undangan untuk melapor ke dinas militer.

Pengajuan suakanya ditolak Menteri Dalam Negeri Inggris Priti Patel pada Desember 2020. Saat ini, pemuda yang namanya dirahasiakan itu mengajukan banding. Sidang berikutnya akan digelar pada Senin (20/9/2021) di Manchester.

Warga Israel yang mencari suaka ke Inggris merupakan sesuatu yang langka. Apalagi dilakukan oleh seorang conscientious objector atau orang yang menolak melakukan sesuatu karena hati nurani.

Tim pengacara pemuda itu mengatakan kliennya khawatir akan dipaksa melakukan kejahatan apartheid, argumen yang belum pernah dipakai oleh pencari suaka yang berhubungan dengan Israel atau Palestina.

Baca Juga: Israel Penjarakan Ribuan Warga Palestina termasuk Anak-Anak, Sebagian Tanpa Proses Pengadilan

“Klien kami mencoba untuk membuktikan kasusnya dalam konteks Israel sebagai sebuah negara apartheid,” ujar Fahad Ansari, pengacara di Riverway Law, yang mewakili siswa tersebut.

“Sayangnya, dalam sidang banding suaka yang melibatkan warga Palestina, entah mereka berasal dari Tepi Barat atau Gaza, tidak pernah ada pembahasan soal isu besarnya yaitu sifat apartheid dari Israel, yang merupakan sumber utama penderitaan dan perginya warga Palestina dari tanah mereka,” imbuh Ansari seperti dikutip dari Middle East Eye.

Menurut Ilan Pappe, profesor di Universitas Exeter, Inggris, yang menulis sebuah laporan yang dipakai sebagai bukti dalam kasus ini, mahasiswa tersebut berpotensi diseret ke pengadilan di negaranya dengan hukuman maksimal 15 tahun penjara karena menolak menjalani wajib militer (wamil).

Jika siswa tersebut bersedia menjalani wamil, kata Pappe, dia akan ditempatkan sebagai anggota Batalion Netzah Yehuda yang bertugas menjaga pos-pos pemeriksaan di wilayah pendudukan di Tepi Barat, Palestina.

Penulis : Edy A. Putra | Editor : Vyara Lestari

Sumber : Middle East Eye


BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Kampung Pengawasan Di Pulau Terluar

Jumat, 15 Oktober 2021 | 08:35 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
09:00
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19