Kompas TV nasional politik

Relawan Jokowi Dukung Ganjar Capres 2024, PPP: Kalau Tak Didukung Parpol Percuma!

Kompas.tv - 17 September 2021, 18:09 WIB
relawan-jokowi-dukung-ganjar-capres-2024-ppp-kalau-tak-didukung-parpol-percuma
Politikus  PPP Achmad Baidowi di Hotel Grand Sahid Jaya, Minggu (15/12/2019). (Sumber: tribunnews.com)
Penulis : Vidi Batlolone | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Relawan Jokowi Mania (Joman) telah memutuskan bakal mendukung Ganjar Pranowo menjadi calon presiden 2024.

Menanggapi ini, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menyatakan, masih terlalu dini membicarakan calon presiden.

Lagipula, dukungan kepada tokoh siapa pun, tidak berpengaruh jika tidak lewat partai politik (parpol).

“Jadi siapa pun yang mendukung si A dan si B, kalau parpol tidak mendukung yah percuma,” kata Politikus PPP Achmad Baidowi dalam pernyataan video kepada Kompas.TV, Jumat (17/9/2021).

Baidowi mengingatkan bahwa sesuai konstitusi, hanya partai politik dan gabungan partai politik yang berhak mencalonkan presiden dengan ketentuan memiliki 20 persen kursi DPR atau 25 persen suara di pemilu terakhir.

Baca Juga: Tanggapi Dukungan Joman, Ganjar Pilih Urus Covid-19

Sedangkan saat ini, menurut Baidowi, partai-partai politik dalam koalisi pemerintahan Jokowi belum berpikir mengenai pencalonan Presiden.

Koalisi parpol masih lebih fokus mendukung pemerintahan Joko Widodo-Ma'ruf Amin untuk menyelesaikan persoalan penanganan Covid-19.

“Kami tegaskan hingga saat ini koalisi parpol masih solid di belakang Pak Jokowi dan belum berpikir untuk suksesi di 2024,” ujar Baidowi yang juga merupakan Sekretaris Fraksi PPP di DPR RI ini.

Lagipula, kata Baidowi, Presiden Jokowi pun belum menentukan sikap soal 2024. Baidowi mengatakan, sebagai negarawan, Presiden Jokowi saat ini lebih fokus menghadapi berbagai permasalahan bangsa.

Baca Juga: Bocoran Reshuffle Kabinet, Joman: Jangan sampai Presiden Tinggalkan Legacy Buruk

“khususnya pemulihan ekonomi, penyelesaian kesehatan termasuk pemulihan pariwisata akibat dampak Covid-19,” jelasnya.

Karena itu, dia meminta agar jangan ada pihak yang mengganggu konsentrasi Presiden Jokowi dengan isu-isu yang bersifat politik praktis.

“Kami berharap Pak Jokowi tidak diganggu oleh isu-isu politik yang sifatnya bisa memunculkan kegaduhan dan memunculkan spekulasi yang tidak jelas. Karena 2024 masih lama,” katanya.

Dia menyatakan, dukungan Relawan Joko Widodo kepada Ganjar bukanlah representasi sikap Presiden Jokowi. Sebab, relawan dan Joko Widodo sendiri merupakan dua pihak yang berbeda.

Baca Juga: Joman Minta Jabatan Presiden Diperpanjang, Nasdem: Kasihan Pak Jokowi

“Terkait dengan statement Jokowi Mania atau Joman, yang mengatakan 'Ganjar the next Jokowi'  sehingga menudkung Ganjar di 2024, itu sikapnya mereka, bukan sikapnya Pak Jokowi karena Joman yah Joman, Jokowi yah Jokowi. Joman bukan Jokowi,” tegas politikus yang biasa disapa  Awik ini.

Baidowi yakin bahwa sebagai negawaran Presiden Jokowi saat ini tidak akan berpihak kepada siapa pun.

“Karena beliau memastikan jalannya pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin selesai sampai periode waktyunya nanti,” tuturnya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x