Kompas TV nasional peristiwa

Pemerintah Targetkan Pembangunan Bendungan Margatiga Lampung Rampung Akhir 2021

Kompas.tv - 17 September 2021, 18:06 WIB
pemerintah-targetkan-pembangunan-bendungan-margatiga-lampung-rampung-akhir-2021
Pembangunan Bendungan Margatiga di Kabupaten Lampung, Provinsi Lampung ditargetkan rampung di akhir 2021. (Sumber: Dok. Kementerian PUPR)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mendorong penyelesaian menyelesaikan pembangunan Bendungan Margatiga di Kabupaten Lampung, Provinsi Lampung.

Direktur Jenderal Sumber Daya Air (SDA) Jarot Widyoko mengungkapkan proses konstruksi bendungan tersebut ditargetkan selesai akhir 2021 ini.

“Bendungan ini direncanakan selesai pada akhir tahun 2021. Beberapa kendala yang ada sudah dirapatkan dan akan ditangani secara bertahap, semoga tetap bisa diselesaikan tepat di akhir tahun,” kata Jarot dalam keterangan resminya, Jumat (17/9/2021). 

Jarot menuturkan, Bendungan Margatiga mampu meningkatkan jumlah tampungan air dan mendukung lumbung pangan nasional di Provinsi Lampung. 

Bendungan tersebut dikerjakan oleh kontraktor PT Waskita Karya-Adhi, KSO sejak 20 Desember 2017 dengan nilai kontrak sebesar Rp846,65 miliar.

Sementara untuk pekerjaan supervisi dilaksanakan oleh PT Yodya Karya (Persero)- PT Wiratman (KSO).

Pekerjaan konstruksi bendungan hingga saat ini juga telah mencapai progres sebesar 80,83%.

Bendungan Margatiga yang memiliki kapasitas tampung 42,31 juta meter kubik ini diproyeksikan akan mengairi lahan irigasi seluas 16.588 hektare.

Baca Juga: Presiden Jokowi Beberkan Pembangunan 17 Bendungan Rampung pada 2021, Ini Daftarnya

Meliputi Daerah Irigasi (DI) Jabung Kiri 5.638 hektare dan DI Jabung Kanan 10.950 hektare. Sehingga penyediaan air irigasi bisa meningkatkan intensitas tanam DI Jabung hingga 200%.

Selain itu, bendungan tersebut juga dapat dimanfaatkan untuk penyediaan air baku di Lampung Timur sebesar 0,80 meter kubik per detik, reduksi banjir sebesar 83.1 meter kubik per detik, konservasi air, dan pengembangan wisata. 

“Fungsi dari Bendungan Margatiga termasuk kategori multipurpose, jadi nanti ada fungsi irigasi, air baku, dan pengendali banjir. Dengan cepat selesainya bendungan ini, fungsi dari bendungan ini akan dapat segera dirasakan oleh masyarakat," jelas Jarot.

Bendungan ini mempunyai kombinasi tipe bendungan beton gravity dan urukan batu dengan inti tegak.

Tinggi bendungan mencapai 28,75 meter, panjang puncak 321,76 meter, lebar puncak 7 meter, dan luas genangan 2.313,96 Ha. 

Bendungan Margatiga nantinya akan digunakan untuk mengoptimalkan pemanfaatan air Sungai Way Sekampung khususnya di bagian hilir, dan sudah terintegrasi dengan dua bendungan lainnya.

Adapun dua bendungan yang dimaksud yakni Bendungan Way Sekampung yang baru saja diresmikan pada 2 September 2021 dan Bendungan Batutegi yang sudah selesai 2004 silam. 

Baca Juga: Resmikan Bendungan Way Sekampung di Lampung, Ini Harapan Jokowi

 



Sumber : Kompas TV/Laman Kemen PUPR

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.