Kompas TV religi beranda islami

Ini Daftar Nama Makruh Digunakan oleh Muslim karena Dilarang Nabi, Adakah Nama Kamu?

Kompas.tv - 17 September 2021, 17:11 WIB
ini-daftar-nama-makruh-digunakan-oleh-muslim-karena-dilarang-nabi-adakah-nama-kamu
ilustrasi anak-anak harus dikasih nama yang bagus, tidak makruh (Sumber: mipham/unsplash)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pada dasarnya, tiap nama itu baik dan tentunya berisi doa-doa yang dinisbatkan kepada orang tersebut. Namun, ada beberapa nama yang makruh yang  sebaiknya dihindari diberikan kepada anak-anak maupun bayi yang baru lahir dari keluarga muslim.

Nabi pun dengan tegas untuk  melarang beberapa nama ini, antara lain: Rabaah (untung), Najaah (sukses), Yasaar (kaya), Aflah (menang). 
 

Empat nama ini sebaiknya jangan diberikan kepada anak-anak muslim.  Hal ini sesuai dengan Sabda Nabi dalam Shahih Bukhari:

“Jangan sekali-kali memberi nama pelayanmu dengan nama Yaasar, Rabaah, Najaah jangan lupa Aflah. Sesungguhnya jika kamu mengatakan,’Apakah di sana ada dia (nama lain)’ ternyata tidak ada, lalu dijawab,’Tidak ada.’ Sesungguhnya, nama-nama itu hanya empat, maka jangan kalian menambahinya lebih dariku.”

Nah, itulah empat nama makruh yang sebaiknya jangan disematkan kepada seorang muslim. Alasannya, karena nama-nama itu dibenci oleh Rasulullah dan terdapat makna di dalamnya yang buruk.

Mending, memberi nama kepada seseorang muslim nama yang indah-indah. Sebuah nama yang di dalamnya terkandung makna berupa doa bagi yang bersangkutan.

Lalu, apa nama yang paling baik?

Kita bisa meniru nama-nama sahabat nabi, nama yang diambil dari Al-Qur’an maupun ulama. Dalam kitab al-Adzkar karya Imam Nawawi juga menyebutkan sebuah nama yang paling disukai Allah. Nama yang paling disukai Allah itu Abdurrahman dan Abdulah.

Hal ini sesuai dengan Sabda Nabi dalam Riwayat Muslim.

Inna ahabba asmaaikum azza wazalla ‘abdullah wa Abdurrahman

Artinya: Sesungguhnya nama yang paling disukai Allah azza wazalla ialah: Abdullah dan Abdurrahman.

Abdullah artinya hamba Allah dan Abdurrahman artinya hamba dari Sang Maha Pengasih. Wallahu a’lam.

Baca Juga: Inilah Nama yang Paling Disukai Allah, Apakah Ada Nama Kamu?

  



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.