Kompas TV nasional kesehatan

Gejala dan Penyebab Tumor Usus yang Wajib Diwaspadai

Jumat, 17 September 2021 | 16:12 WIB
gejala-dan-penyebab-tumor-usus-yang-wajib-diwaspadai
Ilustrasi tumor usus. (Sumber: Pixabay)

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Tumor usus besar adalah benjolan jinak yang tumbuh di usus besar atau rektum (bagian bawah usus besar).

Benjolan itu bisa berupa polip, hamartoma, ataupun lipoma. Penyakit ini biasanya tidak berbahaya. Namun, ada juga benjolan yang berpotensi ganas dan berkembang menjadi kanker.

Dilansir dari Canadian Cancer Society, Jumat (17/9/2021), para ahli menduga penyebab tumor usus besar berasal dari produksi sel lapisan usus yang berlebihan.

Baca Juga: Kuota Belajar Agustus 2021 Segera Cair, Ini Cara Cek untuk Telkomsel, Indosat dan Provider Lain

Sel-sel ini lantas menumpuk di usus besar dan membentuk benjolan. Beberapa faktor risiko yang meningkatkan peluang seseorang terkena tumor usus besar, antara lain:

  • Punya keluarga yang menderita tumor usus atau kanker usus
  • Punya riwayat penyakit kolitis atau crohn
  • Berat badan berlebih
  • Merokok

Tumor usus besar biasanya bisa sembuh setelah dioperasi. Dalam beberapa kasus, penyakit ini berkemungkinan akan kambuh lagi.

Alhasil, biasanya dokter menyarankan penderita yang merasakan gejala tumor usus besar agar menjalani pemeriksaan kesehatan secara berkala, setidaknya satu sampai lima tahun sekali.

Sementara itu, disarikan dari laman resmi American Society of Colon and Rectal Surgeons, terdapat beberapa gejala tumor usus besar yang kerap dirasakan pengidapnya, antara lain:

  • Buang air besar (BAB) berdarah
  • BAB berlendir
  • Sering diare atau sembelit
  • Sakit perut

Gejala tumor usus besar di atas terkadang mirip dengan gangguan pencernaan. Jika Anda merasakan tanda-tanda penyakit di atas, segera konsultasikan ke dokter.

Dokter biasanya akan menyarankan penderita untuk melakukan pemeriksaan kolonoskopi. Kolonoskopi adalah pemeriksaan menggunakan tabung fleksibel panjang dan tipis yang dilengkapi kamera.

Penulis : Kiki Luqman | Editor : Edy A. Putra

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
08:33
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19