Kompas TV nasional sosial

Adi Utarini, Peneliti UGM Masuk Daftar 100 Orang Paling Berpengaruh di Dunia 2021 Versi TIME

Kompas.tv - 17 September 2021, 13:42 WIB
adi-utarini-peneliti-ugm-masuk-daftar-100-orang-paling-berpengaruh-di-dunia-2021-versi-time
Adi Utarini, peneliti  Universitas Gadjah Mada (UGM) masuk dalam daftar 100 orang paling berpengaruh di dunia tahun 2021 versi TIME.  (Sumber: Ig @adiutarinimusik)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Iman Firdaus

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV-  Adi Utarini, peneliti  Universitas Gadjah Mada (UGM) masuk dalam daftar 100 orang paling berpengaruh di dunia tahun 2021 versi  Majalah TIME.  Jasanya dalam bidang kesehatan memang tidak bisa dipandang sebelah mata, yakni mengendalikan demam berdarah dengan nyamuk ber-Wolbachia.

Prof Uut, sapaan akrabnya, yang merupakan guru besar Fakultas Kedokteran Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FKKMK) UGM ini direkomendasikan oleh filantopis Amerika Serikat sekaligus mantan manajer umum Microsoft, Melinda French Gates.

Bukan tanpa alasan Melinda Gates merekomendasikan Adi Utarini masuk ke dalam daftar 100 orang paling berpengaruh di dunia tahun 2021. Seperti yang ditulis majalah TIME, Melinda bercerita  beberapa tahun lalu ia berkunjung ke satu keluarga yang tinggal di dekat laboratorium Adi Utarini di Yogyakarta.

Baca Juga: Jokowi Bicara Kehebatan Ilmuwan Adi Utarini dan Tri Mumpuni hingga Diakui Dunia

Melinda penasaran dengan kiprah Adi Utarini yang berhasil meyakinkan orang-orang sehingga membiarkan Adi Utarini melepaskan sekawanan nyamuk di sekitar lingkungan mereka.

“Ini bukti kepercayaan yang didapat Adi Utarini dari komunitasnya,” kata Melinda Gates.

Adi Utarini bekerja sama dengan tim peneliti internasional dari Program Nyamuk Dunia untuk mengekang ancaman demam berdarah dengue (DBD) dengan menginokulasi nyamuk dengan Wolbachia, bakteri yang tidak berbahaya bagi manusia, tapi mencegah nyamuk menularkan demam berdarah melalui gigitannya.

Demam berdarah adalah penyakit yang ditularkan nyamuk mempengaruhi hampir 400 juta orang setiap tahun dan telah digambarkan WHO sebagai salah satu dari 10 ancaman terbesar bagi kesehatan dunia.

Melinda Gates menilai apa yang dilakukan Adi Utarini merupakan sebuah terborosan dan terbukti berhasil menurunkan tingkat penyakit di lingkungan masyarakat.

“Saat ini, hampir semua orang di Yogyakarta mengenal seseorang yang pernah terkena DBD. Utarini sendiri telah selamat dua kali," ucapnya.

Baca Juga: Kembangkan Wolbachia untuk Tekan Penyebaran Demam Berdarah, UGM Raih Rekor MURI

TIME merilis daftar 100 orang paling berpengaruh dunia tahun 2021 pada Rabu, 15 September 2021. Majalah ini berencana menampilkan daftar tersebut dalam tujuh sampul khusus di seluruh dunia.

Selain Adi Utarini, figur-figur yang dipamerkan di sampul termasuk Pangeran Harry dan Meghan, serta pesenam Simone Biles. Ada pula aktris Kate Winslet, penyanyi-penulis lagu Billie Eilish, direktur jenderal Organisasi Perdagangan Dunia Ngozi Okonjo-Iweala, CEO NVIDIA Jensen Huang, dan penulis Cathy Park Hong.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x