Kompas TV entertainment selebriti

Cerita Sedih Iwan Fals: Terpapar Covid-19, Band Bubar hingga Tak Sanggup Bayar Kru

Kompas.tv - 17 September 2021, 13:27 WIB
cerita-sedih-iwan-fals-terpapar-covid-19-band-bubar-hingga-tak-sanggup-bayar-kru
Iwan Fals Rilis Lagu Selamat di Hari Ulang Tahun (Sumber: Kompas.com/ANDIKA ADITIA)
Penulis : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Pandemi Covid-19 yang hampir dua tahun melanda dunia, membuat banyak orang kehilangan pekerjaan atau sepi job. Tak terkeculi penyanyi Iwan Fals yang sampai harus merelakan band-nya bubar dan krunya pergi. Bahkan, dia sendiri terpapar Covid-19.


"Sempet ada periode itu ya, sampai band saya  bubar semuanya, produksi, kru, saya enggak kuat untuk membiayai itu semua," ujar Iwan kepada ANTARA beberapa waktu lalu.

Iwan mengatakan tidak bisa menahan para pekerja musiknya untuk terus ikut bersamanya, sebab ada yang harus tetap mencari nafkah untuk keluarganya. 

Pelantun "Oemar Bakri ini, mengaku hanya mempertahankan beberapa karyawan saja untuk mengurus alat-alat musik.

Baca Juga: Rilis Album “Pun Aku” Tepat di Hari Ulang Tahun ke-60, Iwan Fals: Ini Personal Banget

"Hanya dipertahankan beberapa saja untuk maintain alat atau kru saya langsung, selebihnya bubar jalan. Ya, frustasi juga. Panggung di rumah juga bisa berkarat, sound-sound (soundsystem) juga tapi ya dipanasin lah. Sempet frustasi," katanya.

Namun,  pria kelahiran 3 September 1961 itu tetap berpikir positif dan terus menyalakan semangat. 

Ia yakin rasa frustasi dan hilang semangat tidak hanya dirasakannya sendiri tapi juga oleh seluruh penduduk dunia.

Iwan bahkan mengambil banyak hikmah dari pandemi, di antaranya adalah lebih mengenal rumah dan menjadi lebih dekat dengan keluarganya. Sebab selama ini, seluruh anggota keluarga memiliki kesibukan masing-masing.

"Kalau enggak kan, pada pergi ke mana-mana pada bubar jalan. Ketemunya di handphone, sekarang pada pulang ke rumah, sadar kesehatan juga," kata Iwan.

Baca Juga: Bantu Korban Pandemi Covid-19, Iwan Fals Lelang Karya Lukisannya

Pandemi Covid-19 juga membawa kebiasaan baru bagi Iwan. Ia menjadi lebih menghargai sinar matahari lantaran rajin berjemur untuk mendapatkan manfaat vitamin D.

"Dulu kita merasa aneh ngelihat bule berjemur di pantai gosong-gosong. Sekarang sadar, oh rupanya gitu vitamin D, sekarang suka ketawa sendiri kalau berjemur," ujar pelantun " Surat buat Wakil Rakyat" itu.

Kini, Iwan juga rutin mengonsumsi vitamin, menggunakan masker dan melakukan tes usap. Awalnya ia merasa tidak nyaman saat melakukan tes berulang-ulang, namun demi menjaga kesehatan bersama, Iwan pun menjadi terbiasa.

Kini, dia siap untuk divaksin, sebab sudah sembuh dari virus corona.


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x