Kompas TV regional berita daerah

Gerobak Baca Keliling, Tingkatkan Minat Baca Anak

Kompas.tv - 17 September 2021, 12:44 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Ibu-ibu pkk di Kelurahan Barusari, Kota Semarang, memiliki cara tersendiri untuk ikut mencerdaskan anak-anak di tengah pandemi yang levelnya kian menurun.

Dengan menggunakan gerobak yang memuat aneka buku, sejumlah ibu PKK ini berkeliling kampung. Mereka secara door to door mendatangi rumah warga untuk menawarkan buku bacaan. Prioritas yang mereka datangi adalah rumah yang memiliki anak masih usia sekolah. Namun sebenarnya tak hanya anak-anak, karena masyarakat umum pun juga boleh ikut membaca.

Isi gerobak baca ini tak hanya buku mata pelajaran saja, namun juga buku pengetahuan umum dan buku cerita. Cara ini dimaksudkan untuk bisa meningkatkan niat baca siswa dan mencerdaskan anak, di tengah kondisi pandemi yang menyebabkan anak tidak bisa belajar secara langsung.

"Ini kita mengajak semua warga untuk belajar dengan mencintai membaca buku, karena buku adalah jendela dunia. Dimana dengan membaca buku kita mengetahui banyak pengetahuan. Nah di sini tersedia buku untuk anak-anak, remaja dan juga ibu-ibu ada semuanya, lengkap," kata Arya Windi, Ketua PKK RW IV Kelurahan Barusari.

Kebanyakan yang dipilih anak-anak adalah buku cerita dan buku pelajaran, sedangkan untuk ibu-ibu rumah tangga banyak yang memilih membaca resep masakan.

Selain mengajak anak untuk kembali giat membaca, di markas gerobak baca yaitu di rumah pintar Barusari RW IV, anak-anak juga dilatih kesenian, diantaranya menari tradisional dan tari kreasi.

#buku #rumahpintar #kotasemarang

 



Sumber : Kompas TV Jateng

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.