Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Perangi Perubahan Iklim, Indonesia Lanjutkan Kerja Sama dengan Bloomberg Philanthropies

Jumat, 17 September 2021 | 12:50 WIB
perangi-perubahan-iklim-indonesia-lanjutkan-kerja-sama-dengan-bloomberg-philanthropies
Panel Surya dan deretan kincir angin pembangkit listrik tenaga bayu (PLTB) menghiasi puncak bukit di Desa Kamanggih, Kecamatan Kahaungu Eti, Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur, Selasa (2/2/2021). (Sumber: Kompas.id/Wawan H Prabowo)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Pihak PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) atau SMI melanjutkan kerja sama dengan Bloomberg Philanthropies guna mempercepat upaya dalam memerangi perubahan iklim dan mempromosikan ekonomi hijau.

Dari kemitraan ini telah tersalurkan dana sebanyak 117.000 dollar AS atau sekitar Rp1,6 miliar.

Direktur Utama SMI Edwin Syahruzad mengatakan, penandatanganan komitmen kerja sama SMI dengan Bloomberg Philanthropies pada Rabu (15/9/2021) merupakan kelanjutan dari penandatanganan nota kesepahaman kedua pihak di New York, Amerika Serikat, pada 8 April 2019.

“Kerja sama ini merupakan salah satu dukungan memperkuat pencapaian target pembangunan berkelanjutan dalam platform pendanaan SDG Indonesia One (SIO), khususnya terkait transisi energi bersih dan perubahan iklim,” jelasnya di Jakarta, Kamis (16/9).

SIO merupakan platform kerja sama pendanaan yang terintegrasi untuk mendukung pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan (sustainable development goals/SDGs) di Indonesia.

Pendiri Bloomberg Philanthropies Michael R Bloomberg menyatakan, kemitraan tersebut akan membantu memajukan proyek energi surya dan mendorong transisi energi bersih di seluruh Indonesia.

Baca Juga: Revisi Biaya Kompensasi terkait PLTS Atap Dinilai akan Bebani APBN

“Kerja sama ini berfokus pada pengumpulan data dan menarik pembiayaan untuk proyek yang mempromosikan pembangunan keberlanjutan, konservasi laut, dan upaya menekan emisi karbon hingga ke level nol,” ucap Michael dalam keterangan tertulis.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Global Head Environment Program Bloomberg Philanthropies Antha N Williams, dan Presiden Direktur PT SMI Edwin Syahruzad dalam webinar, Rabu (15/9/2021). (Sumber: dok.kemenkeu)

Awal mula

Edwin menerangkan, kerja sama SMI dengan Bloomberg Philanthropies dimulai dalam bentuk dukungan dana hibah melalui ClimateWorks Foundation sebagai agen untuk studi kelayakan pembangkit listrik tenaga surya di sejumlah bandara di Indonesia.

Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Gading Persada

Sumber : Kompas.id


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
12:32
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19